Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) Teks Eksposisi Berbasis Direct Reading-Thinking Activity (DRTA) dengan Konteks Berpikir Kritis untuk SMA

Lailiyatus Sadiyah, Reni Maisatus Sagita

Abstract


Pengembangan UKBM ini merupakan inovasi penelitian pengembangan dengan konteks berpikir kritis. Tujuan penelitian ini mengembangkan produk inovasi UKBM teks eksposisi berbasis Direct Reading-Thinking Activity (DRTA) dengan Konteks Berpikir Kritis untuk SMA. Serta mendiskripsikan kelayakan UKBM dari tingkat validitas, kepraktisan, kemenarikan, dan efektivitas produk. Penelitian ini didasarkan pada metode penelitian (R&D) dengan lima tahapan dari sepuluh tahapan yaitu penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan draf produk awal, uji coba lapangan awal, dan revisi produk utama. Data penelitian ini dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penlitian ini menunjukkan bahwa produk UKBM  teks eksposisi berbasis Direct Reading-Thinking Activity (DRTA) dengan Konteks Berpikir Kritis untuk SMA layak digunakan sebagai pendamping perangkat pembelajaran di SMA.

Keywords


Pengembangan; UKBM; Teks Eksposisi; DRTA

References


Anderson, L. W. & Krathwohl, D.R. 2015. Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar., J. & Thwaits, G. 2013. skills Critical Thinking and Problem Solving. New York:Cambridge University Press.

Glass., & Coe Z. (2006). Directed Reading Activity. from https://www.ocps.net/cs/services/cs/currareas/read/IR/bestpractices/AF/Drected%20Reading%20Activity.pdf.

Kemendikbud. 2016. Bahasa Indonesia: Buku Guru edisi Revisi. Jakarta:Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Lewis, A and Smith, D. 1993. Defining High Order Thinking Theory IntoPractice Collage of Education. Ohio: The Ohio State University.

Moon, J. (2008). Critical Thinking an Exploration. New York: Routledge

Muslich, M. 2010. Text Book Writing. Dasar-Dasar Pemahaman Pemakaian Buku Teks. Jojakarta: Ar-Ruzz Media.

Odwan, T. A. (2012). The Effect of the Directed Reading Thinking Activity through Cooperative Learning on English Secondary Stage Students’ Reading Comprehension in Jordan. International Journal of Humanities and Social Science, 2(16),138—151. Retrieved from http://www. ijhssnet.com/journals/Vol_2_No_16_Special_Issue_August_2012/15. pdf.

Purwanto, M.NG. 2013. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran (Cetakan kedelapanbelas). Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Suherli. 2016. Buku Guru Bahasa Indonesia. Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud.

Uno, Hamzah B. 2012. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Zuhri, M.dkk. 2018. Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi: Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Berbasis Zonasi. Jakarta: Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud.




DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v7i2.805

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Nahdlatul Ulama Blitar