Peningkatan Hasil Belajar Servis atas Permainan Bolavoli dengan Menggunakan Metode Drill dan Bermain
DOI:
https://doi.org/10.28926/briliant.v2i3.80Keywords:
hasil belajar, bolavoli, drill dan bermainAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dirancang dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Penelitian ini dilakukan untuk memecahkan masalah tentang rendahnya nilai hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Jasmani khususnya tentang bolavoli. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui observasi guru dan siswa serta tes. Hasil akhir dari penelitian ini menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa dengan kenaikan hasil belajar pada tiap siklusnya. Rata-rata hasil belajar pada siklus I sebesar 72,29% dan meningkat pada siklus II sebesar 81,66%.
References
Djamarah, S. B., & Zain, A. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Herry Koesyanto, 2003. Belajar Bermain Bola Bolavoli. Jakarta: Universitas Terbuka
K, Beutelstahl Dieter. 2005. Belajar Bermain Bolavoli. Bandung: Pioner Jaya.
Kemmis, S., & Taggart, R. 1990. The actioan Research Planner. Victoria: Deakin University.
Rusli, Lutan. 1988. Belajar Keterampilan Motorik, Pengantar Teori dan Metode. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti PPLPTK
Roestiyah, N. K. 1985. Metodologi Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Sabri, M. Alisuf. 1995. Psikologi Pendidikan, Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya.
Sudjana, N. 1989. Pembinaan dan pengembangan kurikulum di sekolah. Jakarta: Sinar Baru.
Sudjana, Nana. 2005. Pengantar Penelitian Pendidikan. Jakarta : Bina Aksara
Sugiyanto. 1993. Belajar Gerak. Jakarta: KONI.
Suharno, HP. 1989. Dasar–Dasar Permainan Bolavoli. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.
Suherman, A. 2000. Dasar-dasar Penjaskes. Jakarta: Depdiknas.
Yunus, M. 1992. Olahraga Pilihan Bola Voli. Jakarta: Depdikbud