Peningkatan Hasil Belajar Servis atas Permainan Bolavoli dengan Menggunakan Metode Drill dan Bermain

Umi Hazinah, Umi Hazinah

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dirancang dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Penelitian ini dilakukan untuk memecahkan masalah tentang rendahnya nilai hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Jasmani khususnya tentang bolavoli. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui observasi guru dan siswa serta tes. Hasil akhir dari penelitian ini menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa dengan kenaikan hasil belajar pada tiap siklusnya. Rata-rata hasil belajar pada siklus I sebesar 72,29% dan meningkat pada siklus II sebesar 81,66%.


Keywords


hasil belajar, bolavoli, drill dan bermain

Full Text:

PDF

References


Djamarah, S. B., & Zain, A. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Herry Koesyanto, 2003. Belajar Bermain Bola Bolavoli. Jakarta: Universitas Terbuka

K, Beutelstahl Dieter. 2005. Belajar Bermain Bolavoli. Bandung: Pioner Jaya.

Kemmis, S., & Taggart, R. 1990. The actioan Research Planner. Victoria: Deakin University.

Rusli, Lutan. 1988. Belajar Keterampilan Motorik, Pengantar Teori dan Metode. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti PPLPTK

Roestiyah, N. K. 1985. Metodologi Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Sabri, M. Alisuf. 1995. Psikologi Pendidikan, Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya.

Sudjana, N. 1989. Pembinaan dan pengembangan kurikulum di sekolah. Jakarta: Sinar Baru.

Sudjana, Nana. 2005. Pengantar Penelitian Pendidikan. Jakarta : Bina Aksara

Sugiyanto. 1993. Belajar Gerak. Jakarta: KONI.

Suharno, HP. 1989. Dasar–Dasar Permainan Bolavoli. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.

Suherman, A. 2000. Dasar-dasar Penjaskes. Jakarta: Depdiknas.

Yunus, M. 1992. Olahraga Pilihan Bola Voli. Jakarta: Depdikbud




DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v2i3.80

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.