Penerapan Metode Think Pair Share untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Pengembangan Kreatifitas Koginitif Anak

Authors

  • Kemari Kemari TK Al Hidayah Ngadirejo

DOI:

https://doi.org/10.28926/briliant.v2i3.78

Keywords:

Think Pair Share, Hasil Belajar, Kreatifitas.

Abstract

Tujuan penelitian untuk meningkatkan hasil belajar dan kreatifitas anak dalam pengembangan kognitif melalui metode Kooperatif Think Pair Share pada anak TK Alhidayah Ngadirejo Kec. Kepanjenkidul. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan hasil belajar anak yang berupa pemahaman konsep bilangan  menjadi 86,6 % pada siklus II. Kreatifitas anak dalam aspek ketrampilan bertanya, bekerjasama, ketepatan menjawab dan tanggung jawab menjadi 100 % pada siklus II, Berdasar hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar dan kreatifitas anak. Hasil penelitian ini memiliki harapan agar guru menerapkan pembelajaran kooperatif dalam mengajarkan bidang pengembangan di Taman Kanak-Kanak.

References

Arikunto, Suharsimi. 1997. Prosedur Penilian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta.

Asma, Nur. 2005. Model Pembelajaran Kooperatif. Jakarta : Depdikbud Dirjen Dikti.

Dasna, Wayan. 2007. Penelitian Tindakan Kelas dan Karya Ilmiah. Malang : Pusat Penelitian Pendidikan UM.

Depdiknas. 2004. Kurikulum 2004 Standar Kompetensi TK dan RA. Jakarta : Balitbang Depdiknas.

Dimyati dan Mudjiono. 1994. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Dikti Depdikbud.

Lei, Anita. 2005. Cooperative Learning. Jakarta : Grasindo.

Lwin, May, dkk. 2005. Cara Pengembangan Berbagai Kecerdasan. Jakarta : PT Indeks.

Mei, Sondang. 2004. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya : Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Jawa Timur.

Mudjiono dan Dimyati, Moh. 1991/1992. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Depdikbud Dirjen Dikti Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan.

Nurhadi, Yasin, Senduk. 2004. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang : Universitas Negeri Malang.

Universitas Negeri Malang. 2002. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah : Skripsi, Tesis, Desrtasi, Artikel, Laporan Penelitian Edisi ke Empat. Malang. Universitas Negeri Malang.

Yeni, Rachmawati. 2005. Pengembangan Kreatifitas pada Anak Usia TK : Jakarta : Depdiknas Derektorat Jendral Dikti.

Downloads

Published

2017-08-02

Issue

Section

Education and Social Science