Peningkatan Prestasi Belajar Penjasorkes Kelas IV Menggunakan Model Pembelajaran Inside Outside Cyrcle (IOC)
DOI:
https://doi.org/10.28926/briliant.v2i3.74Keywords:
Inside outside cycle, prestasi, penjasorkesAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar Penjasorkes materi kebersihan dengan penerapan model pembelajaran Inside Outside Cyrcle (IOC) untuk siswa kelas IV di SDN 1 Prigi Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek Semester I Tahun Pelajaran 2015/2016. Pengamatan terhadap proses terlihat pada siklus I siswa tuntas sebanyak 16 siswa (73%) dan pada siklus II siswa tuntas sebanyak 19 siswa (86%), terjadi peningkatan prestasi belajar siswa 3 siswa (14%), maka terjadi peningkatan prestasi belajar Penjasorkes materi Kebersihan melalui model pembelajaran Inside Outside Cyrcle (IOC) bagi siswa kelas IV di SDN 1 Prigi Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek Semester I Tahun Pelajaran 2015/2016.References
Anton, Moeliono. 1990. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
Asrori, Mohamad. 2011 Psikologi Pembelajaran.Bandung; Wacana Prima
Bahri, Djamarah Syaiful.2011. Psikologi Belajar: Jakarta: Rineka Cipta
Depdiknas. 2003. Psikologi Belajar. Jakarta: Gramedia
http://mgmppenjassma-kabtegal.blogspot.co.id/2014/12/pelajaran-penjasorkes-kurikulum-2013.html
http://jurnalbidandiah.blogspot.co.id/2012/04/model-pembelajaran-inside-outside.html
Lie, Anita, 2008, Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperative Learning Di Ruang-ruang Kelas, Jakarta: Grasindo.
Wasty, Soemanto. 1983. Psikologi Pendidikan. (Landasan Kerja Pemimpin Pendidikan). Bina Aksara.
Wasty, Soemanto 2003. Psikologi Pendidikan. (Landasan Kerja Pemimpin Pendidikan). Bina Aksara.