Peningkatan Prestasi Belajar Penjasorkes Kelas IV Menggunakan Model Pembelajaran Inside Outside Cyrcle (IOC)

Authors

  • Suwardi Suwardi SDN 1 Prigi Watulimo Trenggalek

DOI:

https://doi.org/10.28926/briliant.v2i3.74

Keywords:

Inside outside cycle, prestasi, penjasorkes

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar Penjasorkes materi kebersihan dengan penerapan model pembelajaran Inside Outside Cyrcle (IOC) untuk siswa kelas IV di SDN 1 Prigi  Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek Semester I Tahun Pelajaran 2015/2016.  Pengamatan terhadap proses terlihat pada siklus I siswa tuntas sebanyak 16 siswa (73%) dan pada siklus II siswa tuntas sebanyak 19 siswa (86%), terjadi peningkatan prestasi belajar siswa 3 siswa (14%), maka terjadi  peningkatan prestasi belajar Penjasorkes materi Kebersihan melalui model pembelajaran Inside Outside Cyrcle (IOC) bagi siswa kelas IV di SDN 1 Prigi  Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek Semester I Tahun Pelajaran 2015/2016.

References

Anton, Moeliono. 1990. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Asrori, Mohamad. 2011 Psikologi Pembelajaran.Bandung; Wacana Prima

Bahri, Djamarah Syaiful.2011. Psikologi Belajar: Jakarta: Rineka Cipta

Depdiknas. 2003. Psikologi Belajar. Jakarta: Gramedia

http://mgmppenjassma-kabtegal.blogspot.co.id/2014/12/pelajaran-penjasorkes-kurikulum-2013.html

http://jurnalbidandiah.blogspot.co.id/2012/04/model-pembelajaran-inside-outside.html

Lie, Anita, 2008, Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperative Learning Di Ruang-ruang Kelas, Jakarta: Grasindo.

Wasty, Soemanto. 1983. Psikologi Pendidikan. (Landasan Kerja Pemimpin Pendidikan). Bina Aksara.

Wasty, Soemanto 2003. Psikologi Pendidikan. (Landasan Kerja Pemimpin Pendidikan). Bina Aksara.

Downloads

Published

2017-08-02

Issue

Section

Education and Social Science