Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Untuk Meningkatan Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPA Kelas V

Authors

  • Sulistiodiono Sulistiodiono SDN 1 Ngembel Trenggalek

DOI:

https://doi.org/10.28926/briliant.v2i3.73

Keywords:

Group Investigation, Model, Prestasi, IPA

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar IPA Materi Tumbuhan Hijau melalui model pembelajaran Group Investigation (GI) bagi siswa kelas V Semester I Tahun Pelajaran 2015/2016 di SDN 1 Ngembel Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek. Model pembelajaran Group Investigation (GI) meningkatkan prestasi belajar IPA pada siswa kelas V semester I tahun pelajaran 2014/2015 di SDN 1 Ngembel Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek, siklus I mencapai 82% dan siklus II naik menjadi 88% dengan nilai rata-rata kelas siklus I mencapai 78 dan siklus II naik menjadi 85.

References

Arikunto, Suharsimi. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. BumiAksara

Asrori, Mohamad. 2011 Psikologi Pembelajaran.Bandung; Wacana Prima

Aqib, Zainal. 2012. Profesionalisme Guru dalam Pembelajaran. Surabaya: Insan Cendekia

Depdikbud. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Sekolah Dasar. Jakarta:Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.

Djamarah, Syaiful Bahri.2011. Psikologi Belajar: Jakarta: Rineka Cipta

Fajri, Em Zul. 2008. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Diffa Publisher

Fathurrohman, Muhammad.2012. Belajar dan Pembelajaran.Yogyakarta: Teras

Maufur, Fauzi.2009. Sejuta jurus mengajar Mengasyikkan. Semarang: Sindu Press.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013.Yogyakarta:Ar-Ruzz Media.

Sukidin. 2012. Manajemen Penelitian Tindakan Kelas. Surabaya:Insan Cendekia.

Uno, Hamzah B. 2008. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara

Downloads

Published

2017-08-02

Issue

Section

Education and Social Science