Supervisi Administrasi Untuk Meningkatkan Kinerja Guru Dalam Menyusun Perangkat Pembelajaran
DOI:
https://doi.org/10.28926/briliant.v2i3.72Keywords:
Supervisi administrasi, kinerja guru, perangkat.Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran objektif tentang peningkatan kinerja guru dalam menyusun perangkat pembelajaran melalui supervisi administrasi pada guru kelas IV,V dan VI SDN 1 Pandean Kecamatan Dongko Semster II Tahun Pelajaran 2016/2017. Pelaksanaan supervisi  kepala sekolah di SD Negeri 1 Pandean membantu menjelaskan permasalahan bagaimana pelaksanaan supervisi administrasi guru kelas dapat meningkatkan kinerja guru kelas IV, V dan VI di SD Negeri 1 Pandean. Supervisi administrasi guru kelas akan meningkatkan kinerja guru dalam penyusunan administrasi guru kelas.
References
Arikunto, Suharsimi. 2006. Dasar-Dasar Supervisi. Jakarta : PT Rineka Cipta.
Depdikbud. 1990. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
Makawimbang, Jerry. 2013. Supervisi Klinis teori dan Pengukurannya. Bandung: Alfabeta.
Miles and Huberman, 1984. Qualitative Data Analysis. London: Sahe Publication.
Mulyasa, E. 2004. Menjadi Guru Profesional Penciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung : CV. Remaja Rosda Karya.
Mulyasa, E. 2006. Menjadi Guru Profesional dalam konteks menyukseskan MBS dan KBK. Bandung: CV. Remaja Rosda Karya.
Mulyasa,E. 2009. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Permendiknas RI Nomor 13 Tahun 2007. Tentang Standar Kompetensi Kepala Sekolah/Madrasah
Purwanto, Ngalim. 2009. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosda Karya
Sulistiani dan Rosidah. 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia Konsep dan Pengembangan dalam Kontek Organisasi Publik. Jakarta: Graham Ilmu
Suyati, Tri, dkk. 2009. Profesi Keguruan. Semarang: IKIP PGRI Semarang.
Undang-undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional