Supervisi Administrasi Untuk Meningkatkan Kinerja Guru Dalam Menyusun Perangkat Pembelajaran

Authors

  • Sri Winarni SDN 1 Pandean

DOI:

https://doi.org/10.28926/briliant.v2i3.72

Keywords:

Supervisi administrasi, kinerja guru, perangkat.

Abstract

Tujuan penelitian  ini  adalah untuk mengetahui gambaran objektif tentang peningkatan kinerja guru dalam menyusun perangkat pembelajaran melalui supervisi administrasi pada guru kelas IV,V dan VI SDN 1 Pandean Kecamatan Dongko Semster II Tahun Pelajaran 2016/2017. Pelaksanaan  supervisi   kepala  sekolah  di SD Negeri 1 Pandean membantu menjelaskan permasalahan bagaimana pelaksanaan supervisi administrasi guru kelas dapat meningkatkan kinerja guru kelas IV, V dan VI di SD Negeri 1 Pandean. Supervisi administrasi guru kelas akan  meningkatkan kinerja guru dalam penyusunan administrasi guru kelas.

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Dasar-Dasar Supervisi. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Depdikbud. 1990. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Makawimbang, Jerry. 2013. Supervisi Klinis teori dan Pengukurannya. Bandung: Alfabeta.

Miles and Huberman, 1984. Qualitative Data Analysis. London: Sahe Publication.

Mulyasa, E. 2004. Menjadi Guru Profesional Penciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung : CV. Remaja Rosda Karya.

Mulyasa, E. 2006. Menjadi Guru Profesional dalam konteks menyukseskan MBS dan KBK. Bandung: CV. Remaja Rosda Karya.

Mulyasa,E. 2009. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Permendiknas RI Nomor 13 Tahun 2007. Tentang Standar Kompetensi Kepala Sekolah/Madrasah

Purwanto, Ngalim. 2009. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosda Karya

Sulistiani dan Rosidah. 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia Konsep dan Pengembangan dalam Kontek Organisasi Publik. Jakarta: Graham Ilmu

Suyati, Tri, dkk. 2009. Profesi Keguruan. Semarang: IKIP PGRI Semarang.

Undang-undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Downloads

Published

2017-08-02

Issue

Section

Education and Social Science