Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatan Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS Kelas I

Dwi Astuti

Abstract


Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) seringkali dianggap sulit sehingga banyak siswa yang kurang memahami dan mencapai nilai relatif rendah. Kesulitan disebabkan materi yang cukup luas, selalu berkembang, metode ceramah yang digunakan pendidik dan cara belajar siswa yang kurang tepat. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui peningkatan  prestasi belajar IPS Materi Kasih Sayang melalui model pembelajaran Think Pair Share (TPS) bagi siswa kelas I semester 1 tahun pelajaran 2015/2016 di SDN 1 Pogalan Kecamatan Pogalan  Kabupaten Trenggalek. Penelitian tindakan kelas ini  merupakan kegiatan yang sangat vital dan merupakan dasar yang dipergunakan untuk merubah pola pikir guru dalam melaksanakan pembelajaran.

Keywords


Think Pair Share, Model, Prestasi Belajar

Full Text:

PDF

References


Astuti, Pudji, dkk.____. Pendidikan Ilmu Sosial. University Press IKIP Surabaya

Aqib, Zainal. 2012. Profesionalisme Guru dalam Pembelajaran. Surabaya: Insan Cendekia

Fajri, Em Zul. 2008. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Diffa Publisher

Fajar, Arnie. 2009. Portofolio. Bandung: Rosdakarya

Fathurrohman, Pupuh. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Refika Aditama

Moeliono, 2000. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta:Balai Pustaka.

Nurhadi, 2004. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapanya dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang (UM Press).

……….. 2002. Penyesuaian Garis-Garis Besar Program Pengajaran (GBPP) Sistem Semester Sekolah Dasar. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013.Yogyakarta:Ar-Ruzz Media.

Uno, Hamzah B. 2008. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara




DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v2i3.71

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.