Analisis Level Pemahaman Konsep Tekanan Hidrostatis Mahasiswa Calon Guru Fisika dengan Four-Tier Test

Authors

  • Mohammad Kamal Abdul Ghofur Universitas Negeri Malang
  • Muhammad Reyza Arief Taqwa UM

DOI:

https://doi.org/10.28926/briliant.v6i4.707

Keywords:

Level pemahaman konsep, Tekanan hidrostatis, Four-tier test

Abstract

Penelitian dalam mengungkap miskonsepsi terus dikembangkan hingga saat ini. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk mengungkap level pemahaman konsep tekanan hidrostatis mahasiswa dengan menggunakan soal four-tier test. Penelitian dilakukan pada 50 mahasiswa yang mengambil mata kuliah Materi dan Pembelajaran Fisika di jurusan Fisika Universitas Negeri Malang. Berdasarkan jawaban mahasiswa, data dianalisis untuk mengategorikan level pemahaman konsep mahasiswa menjadi pemahaman mantap (PM), pemahaman sebagian (PS), pemahaman sebagian dengan miskonsepsi spesifik (PSMS), miskonsepsi spesifik (MS), dan tidak paham (TP). Berdasarkan temuan penelitian menunjukkan bahwa masih banyak mahasiswa mengalami miskonsepsi.

References

Argaw, A. S., Haile, B. B., Ayalew, B. T., & Kuma, S. G. (2017). The effect of problem based learning (PBL) instruction on students’ motivation and problem solving skills of physics. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 13(3), 857–871. https://doi.org/10.12973/eurasia.2017.00647a

Berek, F. X., Sutopo, S., & Munzil, M. (2016). Concept enhancement of junior high school students in hydrostatic pressure and archimedes law by predict-observe-explain strategy. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 5(2), 230–238. https://doi.org/10.15294/jpii.v5i2.6038

Darmawan, A., Ramadhana, Z., Hadi, P., & Suyudi, A. (2019). Pemahaman Konsep Mahasiswa Calon Guru pada Topik Usaha dan Energi melalui Representasi Grafik. 02(02).

DeVellis, R. (2016). Scale development: Theory and applications. Sage.

Goszewski, M., Moyer, A., Bazan, Z., & Wagner, D. J. (2013). Exploring student difficulties with pressure in a fluid. AIP Conference Proceedings, 1513(may 2012), 154–157. https://doi.org/10.1063/1.4789675

Hastuti, A., Sahidu, H., & Gunawan, G. (2017). Pengaruh Model PBL Berbantuan Media Virtual Tehadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 2(3), 129. https://doi.org/10.29303/jpft.v2i3.303

Koes-H, S., Muhardjito, M., & Wijaya, C. P. (2018). Scaffolding for solving problem in static fluid: A case study. AIP Conference Proceedings, 1923. https://doi.org/10.1063/1.5019519

Kristanti, Y., Subiki, S., & Handayani, R. (2016). Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning Model) Pada Pembelajaran Fisika Di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika Universitas Jember, 5(2), 116319.

Martinez-Borreguero, G., Pérez-Rodríguez, Ã. L., Suero-López, M. I., & Pardo-Fernández, P. J. (2013). Detection of Misconceptions about Colour and an Experimentally Tested Proposal to Combat them. International Journal of Science Education, 35(8), 1299–1324. https://doi.org/10.1080/09500693.2013.770936

Mawaddah, S., & Maryanti, R. (2016). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing (Discovery Learning). EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 76–85. https://doi.org/10.20527/edumat.v4i1.2292

Minogue, J., & Borland, D. (2016). Investigating Students’ Ideas About Buoyancy and the Influence of Haptic Feedback. Journal of Science Education and Technology, 25(2), 187–202. https://doi.org/10.1007/s10956-015-9585-1

Mujib, A. (2017). I Dentifikasi M Iskonsepsi M Ahasiswa M Enggunakan Cri Pada. Mushorafa, 6(2), 181–192.

Nunnally, J. C. (1978). Psychometric theory. McGraw-Hill.

Oktaviani, N. S., & Sumardi, Y. (2016). Unnes Physics Education Journal. 5(3), 1–8.

Potvin, P., & Cyr, G. (2017). Toward a durable prevalence of scientific conceptions: Tracking the effects of two interfering misconceptions about buoyancy from preschoolers to science teachers. Journal of Research in Science Teaching, 54(9), 1121–1142. https://doi.org/10.1002/tea.21396

Putri, U. D., Parno, & Supriana, E. (2017). Identifikasi Pemahaman Konsep Siswa SMA pada Materi Fluida Statis. Pros. Seminar Pend. IPA Pascasarjana UM, 316–324.

Ringo, E. S., Kusairi, S., & Latifah, E. (2019). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMA pada Materi Fluida Statis. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian Dan Pengembangan, 4(2), 178–187.

Sambada, D. (2012). Peranan Kreativitas Siswa Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Fisika Dalam Pembelajaran Kontekstual. Jurnal Penelitian Fisika Dan Aplikasinya (JPFA), 2(2), 37. https://doi.org/10.26740/jpfa.v2n2.p37-47

Saputri, D. E., & Suyudi, A. (2020). Pembelajaran Interactive Demonstration dengan Diagram Gaya melalui Real dan Virtual Lab untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dinamika Rotasi. Jurnal Riset Pendidikan Fisika, 5(1), 18–23.

Shofiyah, N. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Modified Free Inquiry untuk Mereduksi Miskonsepsi Mahasiswa pada Materi Fluida. SEJ (Science Education Journal), 1(1), 19. https://doi.org/10.21070/sej.v1i1.836

Taqwa, M. R. A. (2017). Profil Pemahaman Konsep Mahasiswa dalam Menentukan Arah Resultan Gaya. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains, 79–87.

Taqwa, M. R. A., Priyadi, R., & Rivaldo, L. (2019). Pemahaman Konsep Suhu dan Kalor Mahasiswa Calon Guru. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 56–67.

Walker, J., Resnick, R., & Halliday, D. (2014). Fundamentals of Physics (A. Rentrop (ed.); 10th ed., Vol. 1). Jhon Wiley & sons,Inc.

Zukhruf, K. D., & Khaldun, I. (2016). Remediasi Miskonsepsi Dengan Menggunakan Media. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 04(01), 64–78.

Zulfa, S. I., Nikmah, A., & Nisak, E. K. (2020). Analisa Penguasaan Konsep pada Tekanan Hidrostatis dan Hukum Pascal Mahasiswa Pendidikan Fisika. Jurnal Fisika Indonesia, 24(1), 24. https://doi.org/10.22146/jfi.v24i1.51870

Published

2021-12-22

Issue

Section

Education and Social Science