Penerapan Supervisi Klinis untuk Meningkatkan Kinerja Guru dalam Proses Belajar Mengajar Gugus IV Sanankulon

Sri Utami

Abstract


Tujuan penelitian untuk mengetahui dampak supervise klinis terhadap kinerja guru dalam proses belajar mengajar.Tindakan melalui supervise klinis.Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kinerja guru  dalam     melaksanakan proses belajar mengajar,   siklus I mencapai 72% atau ada13 guru dari 18 guru sudah berhasil dalam melaksanakan proses belajar mengajar,  siklus II keberhasilan guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar mencapai 89%atau ada 16 guru dari 18 guru sudah berhasil dalam melaksanakan proses belajar mengajar.

Keywords


kinerja guru, supervisi klinis

Full Text:

PDF

References


Aunurrahman, Belajar dan Pembelajaran, 2009. : Alfabeta Bandung.

Dinn Wahyudin, et.al., 2006. Pengantar Pendidikan. Jakarta : Universitas Terbuka.

Hamid Darmadi. 2009 Kemampuan Dasar Mengajar. Penerbit Alfabet Bandung.

Hani Handoko 1994. Manajemen (Edisi Kedua dan Ketiga). Yogyakarta : BPFE (Anggota IKAPI) Gadjah Mada Press

Mangkupawira, Sjafri. (2001). Manajemen Sumber Daya Manusia Strategik. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Moeslichatoen R. 2004. Metode Pengajaran di Taman Kanak-Kanak, Jakarta : Penerbit PT. Rineka Cipta

Muhammad Ali. 1987 Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Penerbit Sinar Baru. Bandung

Muhibbin Syah. Psikologi Pendidikan. Bandung : Penerbit Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. 2005. Menjadi Guru Profesional. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Nana Sudjana. 1990. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Penerbit Sinar Baru Algensindo

Ngalim Purwanto (1995) Administrasi Dan Supervisi Pendidikan, Sosdakarya, Bandung

Suharsimi Arikunto. 2002. Dasar-dasar Evalusi Pendidikan. Bumi Aksara, Jakarta

Thursan Hakim, 2002 , Belajar Secara Efektif, Puspa Swara, Jakarta

Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembanga Bahasa. 1994, Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Kedua,: PN Balai Pustaka. Jakarta.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003. Sistem pendidikan nasional. Jakarta: CV. Eko Jaya

Undang-Undang No.14 Tahun 2005. Guru dan Dosen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.




DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v2i3.70

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.