Penerapan Teknik Pembelajaran Kooperatif NHT dalam Meningkatkan Pemahaman tentang Bumi Bagian dari Alam Semesta

Aniq Royani

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan teknik pembelajaran koperatif NHT dan mendeskripsikan peningkatan pemahaman tentang bumi bagian dari alam semesta setelah diterapkannya teknik pembelajaran kooperatif NHT pada siswa kelas III SDN Kepanjenkidul 2. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan bentuk penelitian tindakan guru sebagai peneliti. Penerapan Teknik Pembelajaran Kooperatif NHT pada siswa kelas III SDN Kepanjenkidul 2 tentang Bumi Bagian dari Alam Semesta teruji efektif dengan kenaikan persentase hasil yang selalu konsisten dari pertemuan ke-1, pertemuan ke-2 siklus I dan pertemuan ke-1, pertemuan ke-2 siklus II.

Keywords


Teknik pembelajaran kooperatif nht, pemahaman

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta.

Huda, Miftahul. 2013. Cooperatif Learning Metode, Teknik, Struktur dan Model Penerapan, Yogjakarta : Pustaka Pelajar Ibrahim, M. 2000. Pembelajaran Kooperatif, Surabaya: Universitas Negeri Surabaya

Mulyasa, E. 2010. Penelitian Tindakan Sekolah. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Permendikbud Nomor 81 A Tahun 2013 lampiran IV. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaa. (Online), (https://luk.staff.ugm.ac.id/atur/bsnp/ permendikbud81A 2013Implementasi K13Lengkap.pdf), diakses tanggal 23 Maret 2017. Riyanto, Y. 2009. Paradigma Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil dan Proses Belajar Mengajar.Bandung: Remaja Rosdakarya

Sukidin, Basrowi, dan Suranto. 2010. Manajemen Penelitian Tindakan Kelas. Surabaya: Insan Cendekia.

Sumiati, A. 2009. Metode Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima. Wardhani, I. G. A. K. Wihardit. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.




DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v2i3.67

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.