Pengembangan Media Putaran Peluang pada Materi Peluang Kelas VIII

Bhakti Setya Budi, Abd Qohar

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan alat peraga Putaran Peluang untuk siswa kelas VIII SMP/MTs. Penelitian ini dikembangkan dengan menggunakan langkah-langkah model Borg dan Gall yang dimodifikasi. Teknik pengumpulan dan analisis data dengan uji coba skala kecil/terbatas dan skala besar. Prosedur dalam penelitian ini terdiri dari analisis produk yang dikembangkan, validasi produk, dan uji coba produk. Media diujicobakan di MTs Miftahul Huda Kepanjen, pada kelas VIII yang belum pernah menerima materi tentang peluang. Hasil test validasi menunjukkan bahwa media valid dengan rata-rata skor 3,6. Penggunaan media dengan alat peraga ini sangat disarankan untuk diterapkan dalam pembelajaran matematika materi peluang.

Keywords


Pengembangan; Media; Peluang

References


Ahmad, N. Q., Lubis, N. A., & Alasta, R. P. (2018). Penggunaan Alat Peraga Berbasis Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal As-Salam, 2(2).

Ananda, R. (2017). Peningkatan Hasil BelajarSiswa pada Materi Operasi Pengurangan Bilangan Cacah dengan Menggunakan Blok Dienes Siswa Kelas I SDN 016 Bangkinang Kota. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 1–11.

Annisah, S. (2014). Alat Peraga Pembelajaran Matematika. Jurnal Tarbawiyah, 11(1).

Dahniar, Murdiana, I. N., & Sukayasa. (n.d.). Penggunaan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siwa Kelas 1 SD Negeri 6 Tolitoli dalam Menyelesaikan Soal Cerita Tentang Penjumlahan Dan Pengurangan. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 4(3).

Kozma, R. B. (1991). Learning With Media. American Educational Research Association, 61(2), 179–211.

Manurung, S. A. (2016). Pembelajaran Matematika Berbasis Portofolio Melalui Pendayagunaan Alat Peraga Dalam Materi Bangun Ruang Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Smk N 4 Medan T.P 2015/2016. Jurnal EduTech, 2(2).

Mariyam, & Wahyuni, R. (2016). Mengembangkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Problem Centered Learning Pada Materi Peluang (Studi Eksperimen Di Kelas VIII SMP N 6 Singkawang). Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 1(2), 74–80.

Marjuki. (2017). Pengelolaan Pembelajaran Matematikamenggunakan Alat Peraga Benda Manipulatif. Manajer Pendidikan, 11(6), 569–575.

Maseleno. (2018). Developing Multimedia Application Model for basic Mathematics Learning. Jour of Adv Research in Dynamical & Control Systems, 10(14).

Murdiyanto, T., & Mahatma, Y. (2014). Pengembangan Alat Peraga Matematika Untuk Meningkatkan Minat Dan Motivasi Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Sarwahita, 11(1).

Nababan, S. A. (2018). Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Bangun Ruang Sisi Datar Melalui Implementasi CTL (Contextual Teaching and Learning) berbantuan Alat Peraga. MAJU, 5(2), 130–141.

Pranata, E. (2016). Implementasi Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Berbantuan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 1(1), 34–38.

Rahayu, R., Masrukhan, & Sugianto. (2019). Mathematics Teaching Using Generative Learning Model with Character Building Content Aided by Interactive Learning Media. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 8(1), 35–48.

Rahmi, U., Helsa, Y., & Azrul. (2018). Integrating technology and media into mathematics learning. Journal of Physics: Conference Series, 1088, 012073. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1088/1/012073

Sadiman, A. S. (2014). Media pendidikan: Pengertian, pengembangan, dan pemanfaatannya.

Sarjana, K., Sridana, N., & Turmuzi, M. (2018). Disain Media Peraga Dan Bantu Pembelajaran Geometri Bagi Siswa Sekolah Dasar Kelas Tinggi. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 3(2), 176–182.

Setyadi, D., & Qohar, A. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Web pada Materi Barisan dan Deret. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8(1), 1–7. http://dx.doi.org/10.15294/kreano.v8i2.5964

Soenarto. (2003). Metodologi penelitian pengembangan untuk peningkatan kualitas pembelajaran. depdiknas.

Subadi. (2013). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Alat Peraga Melalui Model Pembelajaran Cooperative LearningMetode Stad Pada Materi Pokok Bangun Ruang Sisi Datar Bagi Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi IKIP Veteran Semarang, 1(1).

Sunandar, Buchori, A., & Rahmawati, N. D. (2016). Development of Media Kocerin (Smart BoxInteractive) to Learning Mathematics in Junior High School. Global Journal of Pure and Applied Mathematics., 12(6), 5253–5266.

Suprianto, A., Ahmadi, F., & Suminar, T. (2019). The Development of Mathematics Mobile Learning Media to Improve Students’ Autonomous and Learning Outcomes. Journal of Primary Education, 8(1).

Syafitri, Q., Mujib, Anwar, C., Netriwati, & Wawan. (2018). The Mathematics Learning Media uses Geogebra on the Basic Material ofLinear Equations. Al-Jabar:Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 9–18.

Widodo, S. A., & Wahyudin. (2018). Selection of Learning Media Mathematics for Junior School Students. The Turkish Online Journal of Educational Technology, 17(1).

WIDODO, S. A., & Wahyudin. (2018). Selection of Learning Media Mathematics for Junior School Students. TOJET: The Turkish Online Journal of Educational Technology, 17(1).

WitaHarahap, lola, & Surya, E. (2017). Development of Learning Media in Mathematics for Students with Special Needs. Nternational Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR), 33(3), 1–12.




DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v6i3.639

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Nahdlatul Ulama Blitar