Pembelajaran Kooperatif Daring Tipe Gi Berbantuan Microsoft Teams terhadap Pemahaman Konsep

Dewi Astutik, Cholis Sa'dijah, Susiswo Susiswo

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pembelajaran kooperatif daring tipe Group Investigation (GI) berbantuan Microsoft Teams terhadap pemahaman konsep. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis quasi experimental design dengan pre-test dan post-test. Subjek penelitian adalah kelas XI IPS 2 dan XI IPS 3 MAN Kota yang mengikuti pembelajaran daring. Kelas XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen dengan pembelajaran kooperatif daring tipe GI berbantuan Microsoft Teams sedangkan kelas XI IPS 3 sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Hasil temuan penelitian ini adalah pemahaman konsep siswa setelah pembelajaran kooperatif daring tipe GI berbantuan Microsoft Teams meningkat, terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matriks siswa yang memperoleh pembelajaran kooperatif daring tipe GI berbantuan Microsoft Teams dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional dan pemahaman konsep matriks siswa pada pembelajaran kooperatif daring tipe GI berbantuan Microsoft Teams lebih baik daripada siswa pada pembelajaran konvensional.


Keywords


education; learning



DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v6i2.631

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Nahdlatul Ulama Blitar