Pengaruh Simulasi PhET (Physic Education and Tecnology) Terhadap Kualitas dan Hasil Belajar

Yuniar Alam, Fatra Nonggala Putra, Riyadus Sholichin

Abstract


Simulasi PhET (Physic Education and Tecnology) merupakan objek fisika yang tidak bisa dilihat secara langsung, seperti atom, elektron, foton, gelombang dan medan magnet dapat disimulasikan melalui PhET. Tujuan penelitian ini bagaimana pengaruh simulasi PhET terhadap kualitas belajar dan bagaiaman pengaruh simulasi Phet terhadap hasil belajar. Pembelajaran menggunakan simulasi PhET sangat membantu mahasiswa dalam melihat penomena fisika yang tidak bisa dilihat secara langsung. Fenomena-fenomena fisika seperti cahaya dan optik yang menggunakan banyak simulasi sangat terbantu dengan adanya simulasi PhET seperti melihat perambatan  gelombang, gelombang apa saja yang terbentuk, bagaimana peoses terrbentuknya gelombang, pembiasan cahaya, bagaiaman cahaya melakukan pembiasan pada setiap bidang (datar, cembung dan cekung). Penggunaan simulasi PhET berdampak pada kualitas dan hasil belajar yang mana terdapat peningkatan yang signifikan terhadap kualitas belajar menggunakan pembelajaran simulasi PhET. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh linear yang positif dan signifikan antara simulasi PhET terhadap kualitas dan hasil belajar fisika dengan kontribusi determinan sebesar 25% dan persamaan regresinya adalah Y’ = 55.13 + 11.64X.


Keywords


Simulasi PhET; Kualitas; Hasil Belajar

References


Alam, Yuniar. 2012. “Pengaruh Keterampilan Proses Sains Pada Pembelajaran Kooperatif Tipe Search, Solve, Create, And Share (SSCS) Terhadap Hasil Belajar Fisika”. Skripsi. Universitas Lampung. Bandar Lampung

Alam, Yuniar. 2019. Pengaruh Keterampilan Proses Sains dalam Pembelajaran Fisika pada Matakuliah Termodinamika. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual. 4(3); 282-288.

Alam, Yuniar, Nurwulandari, Nira, Sekar AA. Ratika. 2019. Pengaruh Pengetahuan Intuitif terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah pada Pembelajaran Fisika Materi Hukum Archimedes. JP: Jurnal Riset dan Konseptual. 3(4); 218-223.

Ekawati, Yuniar, Haris, Abdul, dan Amin, Bunga Dara. 2015. Penerapan Media Simulasi Menggunakan PHET (Physics Education And Technology) Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X SMA Muhammadiyah Limbung. Jurnal Pendidikan Fisika. 3(1); 74-82.

Creswell, J.W. (2008). Education Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and qualitative Research (3rd ed.). New Jersey: Pearson Education, Inc.

Ekawati, Yuniar., Haris, Abdul., dan Amin, Bunga Dara. 2015. Penerapan Media Simulasi Menggunakan PHET (Physics Education And Technology) Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X SMA Muhammadiyah Limbung. Jurnal Pendidikan Fisika. Vol.3, No.1, Hal (74-82).

Finkelstein, N. 2006. “Hightech Tools For Teaching Physics:The Physics Education Technology Project”. Merlot journal of online learning and teaching. Vol. 2, Hal (269-275).

Monawati. & Yamin. M. 2016. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Lesson Study Pada Penjumlahan Pecahan di Kelas IV SDN Lamsayeun. Jurnal Pesona Dasar. Vol. 3, Hal (12-21).

Siregar, Antomi. 2016. Pembelajaran Pengantar Fisika Kuantum dengan Memanfaatkan Media PhET Simulation dan LKM Melalui Pendekatan Saintifik: Dampak Pada Minat Dan Penguasaan Konsep Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi. 05 (1); 53-60.

Sugiono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan. Alfabeta. Bandung.

Wiravanjava. 2017. Pengaruh Penerapan Metode Eksperimen Menggunakan Phet Simulation Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Ditinjau dari Pengetahuan Awal Siswa SMP/MTs. Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika dan Aplikasinya). Hal (17–24).




DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v6i1.599

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Nahdlatul Ulama Blitar