Menumbuhkan Kebiasaan Membaca Buku Pelajaran melalui Media Ular Tangga

Erna Nur'aini

Abstract


Kebiasaan membaca sebenarnya berbeda dengan minat membaca.Pada kebiasaan membaca, motifnya bukan lagi hanya untuk mendapat pengalaman emosional yang mengasyik­kan tetapi juga untuk mendapat informasi atau pengetahuan baru.Permainan ular tangga merupakan salah satu alat permainan yang bisa digunakan sebagai media pembelajaran.Permainan ini dapat dimainkan untuk semua mata pelajaran dan semua jenjang kelas.Dengan permainan ular tangga ini siswa lebih termotivasi untuk membaca buku sebelum maupun sesudah pembelajaran, sehingga kebiasaan membaca buku pelajaran dapat ditumbuhkan.


Keywords


membaca, buku pelajaran, ular tangga

References


Asyhar, R. 2012. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi Jakarta.

Komalasari, Kokom. 2010. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung : PT Refika Aditama

Marisa, dkk. 2013. Komputer dan Media Pembelajaran. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Zuhdi, Ahmad. 2010. Menjadi Guru Idola. Yogyakarta: Gen-K Publisher

Simanjuntak, M. 2011). Memaknai Hakikat Minat Baca untuk Tujuan Praktis. Visi Pustaka, 13(3) : 45-49

http://www.republika.co.id/berita/koran/opini-koran/16/07/22/oapl025-minat-baca-yang-rendah




DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v2i4.58

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.