Pengaturan Celah Elektroda Busi Platinum dan Jenis Bahan Bakar Terhadap Konsumsi Bahan Bakar Pada Mesin 110cc

Anggara Sukma Ardiyanta, Along Juan Subastion

Abstract


Tujuan penelitian ini menjelaskan tentang pengaturan celah elektroda busi platinum dan jenis bahan bakar serta pengaruhnya terhadap konsumsi bahan bakar. Metode penelitian menggunakan desain eksperimen dengan pendekatan one shot case study design dengan membandingkan busi platinum CR7HGP dan busi standar C7HSA, serta bahan bakar jenis Premium dan Pertalite. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pengaturan celah elektroda busi platinum terhadap konsumsi bahan bakar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan busi platinum, dapat menurunkan konsumsi bahan bakar. Rata-rata penurunan konsumsi bahan bakar untuk celah elektroda busi 0,6mm sebesar 3% (Premium), dan 5% (Pertalite). Rata-rata penurunan konsumsi bahan bakar untuk celah elektroda busi 0,8mm sebesar 3% (Premium), dan 3% (Pertalite). Rata-rata penurunan konsumsi bahan bakar untuk celah elektroda busi 1mm sebesar 3% (Premium), dan 5% (Pertalite).


Keywords


Busi Platinum; Jenis Bahan Bakar; Konsumsi Bahan Bakar

References


Amrullah, Sungkono, & Prastianto, E. (2018). Analisis Pengaruh Penggunaan Bahan Bakar Premium dan Pertamax terhadap Prestasi Mesin. Teknologi, 18(1), 24.

Badawy, T., Bao, X., & Xu, H. (2017). Impact of spark plug gap on flame kernel propagation and engine performance. Applied Energy, 191, 311–327.

Budiharto, M., & Priangkoso, T. (2013). Hubungan Jenis Bahan Bakar dengan Konsumsi Bahan Bakar Sepeda Motor Bertransmisi CVT, Semi-Otomatik, dan Manual. Jurnal Momentum, 9(2), 22–24.

Muhamad, Z. (2016). Pengaruh Penggunaan Jenis Busi terhadap Unjuk Kerja (Performance) Motor Bensin Empat Langkah (Four Stroke). Penelitian Universitas Bandar Lampung.

Putra, R. C., & Rosyidin, A. (2020). Pengaruh Nilai Oktan terhadap Unjuk Kerja Motor Bensin dan Konsumsi Bahan Bakar dengan Busi-Koil Standar-Racing. Jurnal Polimesin, 18(1), 7–15.

Putra, R. C., & Suhendri, A. (2018). Perbandingan Unjuk Kerja dan Konsumsi Bahan Bakar antara Motor yang Mempergunakan Koil Standar dan Busi Standar dengan Motor yang Mempergunakan Koil Racing dan Busi Racing Menggunakan Bahan Bakar Pertamax. Motor Bakar: Jurnal Teknik Mesin Universitas Muhammadiyah Tangerang, 2(1), 1–6.

Sabar Pasaribu. (2017). Pengaruh Variasi Celah Busi Dan Jenis Busi Terhadapemisi Gas Buang Pada Kendaraan Roda Dua 110cc. Jurnal Ilmiah “INTEGRITAS,” 3(1), 25–38.

Saharuna. (2017). Perbandingan Konsumsi Bahan Bakar Sepeda Motor Sistem Konvensional dan Sistem EFI. Jurnal Teknologi, 19(1), 34–42.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suwandono, Rusnoto, & Hidayatulloh, T. (2011). Analisa Celah Busi terhadap Konsumsi Bahan Bakar Beijing 100cc.




DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v6i1.568

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Nahdlatul Ulama Blitar