Pengembangan Buku Ajar Mata Kuliah Writing Berbasis Media Sosial Storybird di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Ahmad Saifudin, Tyas Alhim Mubarok

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan  hasil observasi yang ditemukan pada mata kuliah writing yang dianggap sebagai mata kuliah paling sulit bagi mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Nahdlatul Ulama Blitar. Kurangnya sumber ilmu dan modul lama masih digunakan serta fasilitas membuat mahasiswa kurang menguasai metode writing yang benar. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan dan menguji kelayakan produk buku ajar mata kuliah writing berbasis media social storybird yang digunakan dalam proses perkuliahan Program Studi Bahasa Inggris Semester dua. Selain itu penelitian ini untuk mengetahui efektifitas buku yang telah dibuat terhadap aktivitas dan hasil belajar dengan metode Design Research. Model pembelajaran ini dikembangkan secara lebih intensif dan kekinian sehingga mudah diimplementasikan di mata kuliah writing. Dengan demikian, model pembelajaran yang diperoleh dapat berguna untuk meningkatkan kualitas pendidikan khususnya prodi bahasa inggris pada mata kuliah writing. Pengembangan produk ini menggunakan model pengembangan yang disebut dengan Penelitian Pengembangan Model Plomp. Prosedur penelitian ini berupa Preliminary Research, Development or Prototyping Phase dan Assesment Phase. Hasil validasi produk oleh ahli pembelajaran diperoleh tingkat kevalidan 87,50%.


Keywords


Pengembangan; Writing; Media Sosial; Storybird;

References


Adas, Dana., & Bakir, Ayda. (2013). Writing Difficulties and New Solutions: Blended Learning as an Approach to Improve Writing Abilities. International Journal of Humanities and Social Science Vol. 3 No. 9; May 2013, pp. 255-266.

Ahmad, Zainal Arifin. 2012. Perencanaan Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia.

Akbar, S. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Albesher, Khaled B. (2012). Developing the Writing Skills Of ESL Students Through the Collaborative Learning Strategy. Newcastle: Newcastle University.

Anas Sudijono. 2003. Pengantar Statistik Pendidikan. Bandung: PT Raja Grapindo Persada.

Andi, Prastowo. 2011. Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: A-Ruzz Media.

Arikunto,Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Aneka Cipta.

Cahyono, Bambang Yudi dan Utami Widiati. (2011). The Teaching of English as a Foreign Language in Indonesia. Malang: State University of Malang Press.

Henderi danYuliana Isma. 2007. Analysis and Desain Sistem Informasi: Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktik Aplikasi Bisnis. Yogyakarta: Andi Offset.

Joyce, B. Weil, M. & Calhoun, E. 2016. Model of Teaching Edisi Kesembilan. Terjemahan oleh Rianayati K.P., Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kotler, Phillip dan Kevin Lance Keller. 2012. Marketing Managemen 14th edition. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Grammedia.

Nunan, D. (1999). Second Language Teaching and Learning. Boston: Heinle & Heinle Publishers.

Yancey, Kathleen B. (2009). Writing in the 21st Century. A report from the National Council of Teachers of English.

Storybird.com. How to Instructions. Retrieved on November 8th 2015 from https://integrating-techoptions.wikispaces.com




DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v5i4.550

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Nahdlatul Ulama Blitar