Keaktifan Siswa pada Penerapan Penggunaan Media Pembelajaran Papan Rotasi (Partasi) Materi Transformasi Geometri
DOI:
https://doi.org/10.28926/briliant.v5i4.525Keywords:
Media partasi, Rotasi, Keaktifan SiswaAbstract
Media pembelajaran dengan papan rotasi merupakan salah satu media yang telah dikembangkan. Menurut hasil uji coba yang telah dilakukan, media papan rotasi (partasi) banyak membantu siswa dalam meningkatkan pemahaman konsep. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi yang mendeskripsikan keaktifan siswa dengan adanya penerapan media partasi dalam pembelajaran transformasi geometri khususnya bahasan rotasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Analisis yang dilakukan oleh peneliti memperoleh hasil bahwa keaktifan siswa dalam katagori tinggi dengan persentase 90, 93%. Keaktifan itu ditunjukkan dengan keseriusan siswa dalam melakukan percobaan menggunakan media partasi dan berdiskusi kelompok hingga dapat menemukan rumus rotasi.References
Af’ida, Idda. 2018. Konsentrasi Belajar Ditinjau Dari Pengelolaan Kelas Dan Waktu Pembelajaran Mata Pelajaran Akuntansi Dasar Pada Siswa Kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Salatiga Tahun Ajaran 2017/2018. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Arsyad. 2005. Media Pembelajaran. Jakarta: Jakarta:PT Raja Grafindo Persada.
Capuno, Reylan et al. 2019. Facilitating Learning Mathematics Through the Use of Instructional Media. IEJME: International Electronic Journal of Mathematics Education 14(3): 677–88.
Creswell, John W. 2012. Educational Research Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. ed. Matthew Buchholtz.
Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Huda, Fatkhan Amirul. 2018. Pengertian Keaktifan Belajar. Fatkhan Web.Id.
Irma. 2017. Pentingnya Media Dan Model Pembelajaran dalam Proses Mengajar. MetroJambi.com
Kabha, Robin. 2019. Cognitive, Affective, Social and Cultural Aspects of Teaching and Learning in Media Studies. European Journal of Educational Research 8(4): 1287–94.
Lestari, Indah. 2015. Pengaruh Waktu Belajar Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA 3(2): 115–25.
Musfiqon. 2012. Pengembangan Media & Sumber Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Purnomo, Mukhamad Suryo. 2015. Peningkatan Minat Belajar IPA Materi Struktur Bumi Melalui Media Gambar Pada Siswa Kelas V SD Negeri Ronggo Semester II Tahun Pelajaran 2014/2015. Surakarta.
Putri, Kamila, I M Candiasa, and G Suweken. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Transformasi Berbasis Geogebra. Wahana Matematika dan Sains 10: 25–35.
Setyorini, Dyna, and Madziatul Churiyah. 2016. Increasing Activeness and Learning Outcomes by Developing Borland Delphi 7 . 0 Application as Instructional Media. Journal of Education and Practice 7(14): 129–40.
Sudjana, Mania, and Ahmad Rivai. 2002. Media Pembelajaran. Bandung: SInar Baru Algasindo.
Sudjana, N. 2010. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bandung:Sinar Baru Algesindo.
Suseno, Wawan, Ipung Yuwono, and Gatot Muhsetyo. 2017. Persamaan Linear Dua Variabel Dengan Pembelajaran Kooperatif Tgt. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan 2(10): 1298–1307.
Sutiarso, Sugeng, and M Coesamin. 2018. The Effect Od Various Media SCaffolding on Inceasing Understanding of Student’s Geometry Concept. Journal on MAthematics Education 9(1): 95–102.
Wibowo, Nugroho. 2016. Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar Di Smk Negeri 1 Saptosari. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education) 1(2): 128–39.
Widodo, Sri Adi. 2018. Selection of Learning Media Mathematics for Junior School Students. The Turkish Online Journal of Educational Technology 17(1): 154–60.