Efektivitas Penggunaan UKBM Terhadap Literasi Sains Materi Alat Optik Dalam Model PjB-STEM Dengan Asesmen Formatif Pada Siswa Kelas XI MIA SMA Negeri 9 Malang

Choirun Nisah Alifiyah, Parno Parno, Sentot Kusairi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas  penggunaan UKBM berbasis PjBL-STEM terhadap literasi sains materi alat optik dalam model PjBL-STEM dengan asesmen formatif pada siswa kelas XI MIA SMA Negeri 9 Malang. Jenis rancanngan penelitian yang digunakan yaitu quasi experiment dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Berdasarkan hasil analisis data dari uji hipotesis diperoleh thitung > ttabel = 6,890 > 1,67 dengan taraf signifikansi 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa siswa kelas XI MIA SMA Negeri 9 Malang pada pokok bahasan alat optik yang diberi perlakuan menggunakan UKBM berbasis PjBL-STEM dalam model PjBL-STEM dengan asesmen formatif memiliki peningkatan literasi sains lebih tinggi dibandingkan dengan yang diberi perlakuan menggunakan model PjBL-STEM dengan asesmen formatif.

Keywords


UKBM, PjBL-STEM; Formative Assessment; Science Literacy

References


Afifah, T., Prasetyo, A. P. B., Lisdiana. 2016. Buku Guru dan Buku Siswa Terintegrasi Literasi Sains untuk Menumbuhkan Kesadaran Konsumsi Makanan Sehat. Journal of Innovative Science Education, 5(1), 36-44.

Asyhari, A., Hartati, R. 2015. Profil Peningkatan Kemamapuan Literasi Sains Siswa Melalui Pembelajaran Saintifik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi, 04(02), 179-191.

Elina, N., Prihandono, T., Wahyuni, S. 2017. Pengembangan Modul Alat-Alat Optik berbasis Pictorial Riddle pada Materi Pelajaran Fisika di Madrasah Aliyah. Seminar Nasional Pendidikan Fisika 2017, vol 2, 1-7.

Gherardini, M. (2016). Pengaruh Metode Pembelajaran dan Kemampuan Berpikir Kritis terhadap Kemampuan literasi Sains. Jurnal Pendidikan Dasar, 7(2), 253–264.

Han, dkk. 2014. How Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) Project Based Learning (PjBL) Affects High, Middle, and Low Achievers Differently: The Impact Of Student Factors On Achievement. International Journal of Science and Mathematics Education. DOI:10.1007/s10763-014-9526-0

Hermawan & Arief, Alimufti. 2014) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum 2013 Melalui Pendekatan Scientific Pada Materi Alat Optik untuk Melatihkan Sikap Ilmiah Siswa Kelas X SMAN 3 Surabaya. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 03)03),6-102.

Irwantha, M. D., Sriasih, S. A. P., & Nurjaya, I. G. 2017. Penggunaan Unit Kegatan Belajar Mandiri Oleh Guru Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas X MIPA 2 SMA Negeri Bali Mandara. e-journal Jurusan Pendidikan Bahasa dan Satra Indonesia, 7(2)

Juhariyyah, F. R., Hadi Suwono, & Ibrohim. 2017. Science, Technology, Engineering, and Mathematics Project Based Learning (STEM-PjBL) pada Pembelajaran Sains. In Pros. Seminar Pend IPA Pascasarjana UM (Vol. 2, pp. 432-436)

Kertiasih, L. E. (2018). Implementasi Pembelajaran Berbasis Inkuiri Wenning Berbantuan e-UKBM untuk Meningkatkan Keterampilan Ilmiah Siswa. Jurnal of Education Action Research, 2(4), 363–369.

Kurnia, F., & Fathurohman, A. 2014. Analisis Bahan Ajar Fisika SMA Kelas XI di Kecamatan Indralaya Utara berdasarkan Kategori literasi Sains. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 1(1), 43–47.

Mayasari, T., Kadorahman, A., & Rusdiana, D. 2014. Pengaruh pembelajaran terintegrasi science, technology, engineering, and mathematics (STEM) pada hasi belajar Siswa : Studi meta analisis, Prosiding Semnas Pensa VI "Peran Literasi Sains" (p.371-377). Surabaya: UNESA

Megawati. 2018. Ragam Bahasa Siswa Sma Dalam Berbalas Pantun Dan Pengembangan Unit Kegiatan Belajar Mandiri (Ukbm) Sebagai Perangkat Ajar Untuk Memproduksi Teks Pantun Di SMA. Universitas Lampung.

Nurjanah, A., Sudin, A., Sujana, A. 2017. Literasi Sains dalam Pembelajaran Berbasis Masalah (Penelitian Experimental terhadap Siswa Kelompok Atas, Tengah, dan Bawah SDN Warigin II dan SDN Palasah I di Kecamatan Palasah Kabupaten Majalengka pada Materi Energi Panas). Jurnal Pena Ilmiah, 2(1), 581-590

Pertiwi, U. D., Atanti, R. D., Ismawati, R. 2018. Pentingnya Literasi Sains pada Pembelajaran IPA SMP Abad 21. Indonesian Journal of Natural Science Education, 01(01), 24-29.

PISA. 2015. PISA 2015 Result in Focus. OECD Publishing

Pryor, C. R., & Kang, Rui. 2013. Project Based Learning: An Interdisciplinary Approach For Integrating Social Studies With Stem Introduction. STEM Project Based Learning An Integrated Science, Technology, Engineering, And Mathematics (stem) Approach. (p. 129-138). Netherland: Sense Publisher.

Rachmawati, I. N., & Gani, A. A. 2017. Implementasi Model Pembelajaran berbasis Proyek Project Based learning) dengan Analisis Kejadian Fisika dalam Pembelajaran Fisika di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(2), 189–195.

Rahayuni, G. 2016. Hubungan Keterampilan Berpikir Kritis dan literasi Sains pada Pembelajaran IPA Terpadu dengan Model PBM dan STM. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran IPA, 2(2), 131–146.

Rais. 2010. Project Based Learning: Inovasi Pembelajaran yang BerorientasiSoftsills.http://digigilib.unm.ac.id/files/disk1/1/universitas%20negeri%20makasar-digilib-unm-drmuhraiss-20-1-makalah-a.pdf.




DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v5i4.515

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Nahdlatul Ulama Blitar