Penerapan Metode Pembelajaran Tutor Sebaya pada Program FTIK IAIN Pontianak Mengaji
DOI:
https://doi.org/10.28926/briliant.v5i3.495Keywords:
FTIK Mengaji, Membaca Al-Qur’an, Tutor SebayaAbstract
FTIK Mengaji adalah program peningkatan kemampuan membaca al-qur’an mahasiswa menggunakan metode tutor sebaya. Peneliti melakukan pengamatan sebagai masukan untuk menentukan langkah-langkah selanjutnya. Adapun temuan penelitian; (1) Jenis Program: Tahsin al-Qur’an, pembinaan akhlakul karimah, praktik ibadah. (2) Perencanaan program: Pengawasan melalui absensi, menentukan kriteria tutor, fokus meningkatkan kemampuan makharijul huruf dan Tajwid. (3) Pelaksanaan program: Wajib mematuhi tata tertib program, Klasifikasi kemampuan terdiri dari tinggi, sedang, rendah, menggunakan metode bimbingan satu per satu dihadapan tutor, tutor berasal dari mahasiswa dengan kategori kemampuan tinggi, program terlaksana dengan baik dan hambatannya beberapa mahasiswa tidak hadir tepat waktu.References
Al-Zarnuji, Syaikh. 2012. Ta’lim Muta’allim terjemahan Abdul Kadir al-Zufri. Surabaya: Mutiara Ilmu.
Arjanggi. R, Suprihatin. T. 2010. Metode Pembelajaran Tutor Teman Sebaya Meningkatkan Hasil Belajar Berdasar Regulasi Diri. Makara Seri Sosial Humaniora. 14(2), 91-97. DOI:10.7454/mssh.v14i2.666
Ariani, Safrina dan Realita. 2015. Program Bengkel Mengaji (Upaya Peningkatan Kemampuan Tahsin Qur’an Mahasiswa PAI). Jurnal Mudarrisuna. 5(1), 113-144
Astuti, Sri dan Heliati Fajriah. 2017. Peningkatan Kemampuan Tahsin Al-Qur’an Pada Mahasiswa PAI UIN Ar-Raniry: Efektivitas Metode Pee Tutoring Melalui Program Bengkel Mengaji. Al-Ishlah. 15(2), 212-228.
Djamarah dan Zaini. 2015. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Hidayat, Ade. 2013. Persepsi dan Prilaku Mahasiswa Dalam Pendidikan Karakter (Studi Deskripsi di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mathla’ul Anwar Banten Tahun 2013). Jurnal Etika dan Pekerti. 1(2), 1-12.
Hamalik, Oemar. 2017. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
Irwanto, Nur dan Yusuf Suryana. (2016). Kompetensi Pedagogik; Untuk Peningkatan dan Penilaian Kinerja Guru Dalam Rangka Implementasi Kurikulum Nasional. Surabaya: Genta Group
Khunainah, Lamkhatul. 2018. Studi Komparasi Kemampuan Membaca Al-Qur’an Antara Lulusan MI dan SD Pada Kelas VII di MTsN 2 Kendal. Skripsi. 1-145.
Masrur, Imam. 2018. Telaah Kritis Syarat Mufassir Abad Ke-21. Jurnal QOF: Studi Al-Qur’an dan Tafsir. 2 (2), 187-201. https://doi.org/10.30762/qof.v2i2.557.
Mas Ayu, Sovia. 2017. Evaliasi Prgram Praktek Pengalaman Ibadah di Sekolah Dasar Ar-Raudah Bandar Lampung. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam. 8(1), 15-29
Moleong, Lexy. J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya
Muchith, Saekan M. 2016. Guru PAI Yang Profesional. Quality : Journal of Empirical Research In Islamic Education. 4(2). 218-235. http://dx.doi.org/10.21043/quality.v4i2.2121.
Munir, Ahmad dan Soedarso. 1994. Imu Tajwid Seni Baca Al-Qur’an. Jakarta: Bineka Cipta
Mustafidah, Imrotul. 2016. Korelasi Antara Kemampuan Membaca Al-Qur’an Dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Siswa Kelas V MI NU 65 Gebanganom Kecamatan Rowosari Kabupaten Kendal Tahun Ajaran 2015/2016. UIN Walisongo Semarang.
Rahmi, Ulva dkk. 2018. Kesantunan Bahasa SMS (Short Message Service) Mahasiswa Terhadap Dosen Bahasa Indonesia Pada Semester Ganjil 2017/2018 Di Universitas Mahaputra Muhammad Yamin Solok. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra. 1(7) 70-78
Ramayulis. 2005. Metodologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Kalam Mulia
Sudaryono. 2018. Metodologi Penelitian. Depok: Rajawali Pers
Sudiarjo, Aso dkk (2015). Aplikasi Pembelajaran Ilmu Tajwid, Waqaf dan Makharijul Huruf Berbasis Android. Jurnal Sisfotek Global. 5(2), 54-60
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan; Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta




