Pengembangangan Sistem Penilaian Formatif Berbantuan Web (Electronic Assessment Tool) Untuk Menunjang Pembelajaran Fisika

Dewi Amiroh, Sentot Kusairi, Sugiyanto Sugiyanto

Abstract


Pemberian balikan dalam waktu yang lama kepada siswa merupakan salah satu permasalahan dalam penilaian formatif pembelajaran Fisika. Penggunaan sistem penilaian formatif tanpa balikan langsung, mengakibatkan guru melakukan penilaian formatif dengan waktu yang kurang efektif. Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan dan mendeskripsikan sistem penilaian formatif berbantuan web dengan Moodle 2.0 untuk mendukung pembelajaran Fisika. Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan. Penelitian ini menghasilkan sistem penilaian formatif berbantuan web sebagai alat pemberian balikan langsung. Berdasarkan penilaian dosen dan guru Fisika menyatakan bahwa sistem penilaian formatif berbantuan web dan buku panduan memenuhi kriteria layak, serta mampu memberikan balikan dalam waktu singkat.

Keywords


Penilaian formatif; Berbantuan web

References


Arikunto, S. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.

Bell, B. & Cowie, B. 2002. Formative Assessment and Science Education. Hamilton: Kluwer Academic Publishers, (Online), (http://www.ebooks.kluweronline.com), diakses 8 September 2009.

Berg, Van Den. 1993. An Example of Using Alternative Conceptions in Physics Teacher Education in a Developing Coutry. Journal of Sciences Teacher Education 4(3), 79-84, (Online), (https://doi.org/10.1007/BF02614554), diakses 6 Agustus 2020.

Black, P., & William, D. 1998. Assesment and Classrom Learning. Assesment in Education: Priciples, Policy & Practices, 5(1), 7-74, (Online), (https://www.gla.ac.uk/t4/learningandteaching/files/PGCTHE/BlackandWiliam1998.pdf), diakses 6 Agustus 2020.

Fishbane, P.M, Gasiorowicz, S.G, & Thornton, S.T. 2005. Physics for Scientists and Engineers with Modern Physics Third Edition. New Jersey: Pearson education. Inc, (Online), (http://www.gigapedia. com), diakses 6 Februari 2008.

Irons, A. 2008. Enhancing Learning through Formative Assessment and Feedback. New York: Routledge. Dari Library Nu, (Online), (http://www.gigapedia. com), diakses 10 Oktober 2011.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum dan Organisasi Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia. (Online), (http://www.disdik-kotasmg.org/v8/images/peraturan-peraturan/lampiran-permen-nomor-15-tahun-2005.pdf), diakses 16 Juli 2011.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2007. Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum dan Organisasi Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia. (Online), (http://www.disdik-kotasmg.org/v8/images/peraturan-peraturan/lampiran-permen-nomor-20-tahun-2007.pdf), diakses 16 Juli 2011.

Rashad, A.M, A. Aliaa, A, Ghafar, R.A.A, dan Labib, A. E. 2008. E- Assessment Tool: A Course Assessment Tool Integrated into Knowledge Assessment. Iskander Magued (Ed), Innovative Techniques in Instruction Technology, E-Learning, E-assessment and Education (7-12). New York: Springer Science Business Media B. V.

Shute, V.J. 2007. Research Report Focus on Formative Feedback, (Online), 7 (11): 24-25, (http://www.ets.org/research/contact.html), diakses 21 Februari 2010.

Sudjana. 2005. Metoda Statistik. Bandung: PT. Tarsito Bandung.

Sukmadinata, N.S. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.

Tjalla, A. 2011. Potret Mutu Pendidikan Indonesia Ditinjau dari Hasil- hasil Studi Internasional. (Online), (http://pustaka.ut.ac.id/pdfartikel/TIG601.pdf), diakses 15 Juli 2011.




DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v5i3.493

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Nahdlatul Ulama Blitar