Uji Performa Engine Matic 110 cc Bi-Fuel (Pertamax – LPG) dengan Variasi Rasio Kompresi dan Ignition Timing

Authors

  • Achmad Aminudin "Politeknik Negeri Madiun"
  • Nanang Romandoni "Politeknik Negeri Madiun"
  • Viby Yuan Kurnia

DOI:

https://doi.org/10.28926/briliant.v5i3.481

Keywords:

daya, rasio kompresi, bi-fuel, torsi, LPG

Abstract

Engine bi-fuel merupakan konsep kendaraan yang dioperasikan dengan dua sistem bahan bakar secara bergantian, dalam penelitian ini menggunakan bahan bakar Pertamax dan LPG. Dimana untuk bahan bakar LPG dilakukan modifikasi pada engine dengan meningkatkan rasio kompresi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh peningkatan rasio kompresi terhadap performa (daya dan torsi) pada engine matic 110 cc dengan konsep bi-fuel. Metode eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menvariasikan rasio kompresi dan menggunakan chasis roller dynamometer sebagai alat uji performa engine. Dari proses pengujian didapatkan capaian performa optimum pada pemakaian bahan bakar LPG untuk rasio kompresi 11,2:1 dan igt 18o STMA dengan nilai daya dan torsi berturut-turut sebesar 7,5 Hp dan 17,08 N.m.

Author Biographies

Achmad Aminudin, "Politeknik Negeri Madiun"

Jurusan Teknik. Program Studi Mesin Otomotif

Nanang Romandoni, "Politeknik Negeri Madiun"

Jurusan Teknik. Program Studi Mesin Otomotif

References

Dheeraj Kalra, Dr.Veeresh Babu A, M. Vijay Kumar. 2016. Effects of LPG on the performance and emission characteristics of SI engine - An Overview. Department of Mechanical Engineering. National Institute of Technology, Warangal, India.

František Synáka, Kristián Čulík, Vladimír Rievaj, Ján Gaňa., 2019. Liquefied petroleum gas as an alternative fuel. a University of Zilina, Faculty of Operation and Economics of Transport and Communications, Department of Road and Urban Transport. Univerzitná 1, Žilina, 010 26, Slovak Republic.

K. Ravi, J. Pradeep Bhasker, E. Porpatham. 2017. Effect of compression ratio and hydrogen addition on part throttle performance of a LPG fuelled lean burn spark ignition engine. School of Mechanical Engineering, VIT University, Vellore 632 014, India.

Latif A., M. Zaki, dkk. 2016. “Studi Eksperimen Pengaruh Penggunaan LPG sebagai Bahan Bakar pada Motor Bensin Pembakaran dalam 5,5 HP.” Sorong dan Karawang: Politeknik Kelautan dan Perikanan.

Sulaiman, M. Y., Ayob, M. R., Meran, I., 2013. Performance of Single Cylinder Spark Ignition Engine Fueled by LPG. Universiti Teknikal Malaysia Melaka, Melaka Malaysia.

Wiryawan, P. Nara., 2017 “Pengaruh Perbandingan Penggunaan Bahan Bakar Minyak Pertalite dan Bahan Bakar Gas LPG terhadap Unjuk Kerja Motor Bakar Bensin 4 Tak pada Motor Honda Supra Fit” Bali: Fakultas Teknik dan Kejuruan Universitas Pendididkan Ganesha.

Willard W. Pulkrabek. Engineering Fundamentals of the Internal Combustion Engine. University of Wisconsin-Platteville.

Published

2020-08-31

Issue

Section

Engineering and Technology