Pengembangan Buku Ajar Bioteknologi berbasis R-VGT Kelas XI IPA 1 SMAN Senduro

Agus Wibisono

Abstract


Rendahnya prestasi belajar siswa materi Bioteknologi di SMA menjadi tantangan guru biologi, sehingga dituntut mengembangkan bahan ajar. Bahan ajar yang baik harus kreatif, inovatif, dan komunikatif, untuk mendukung pembelajaran efektif, efisien, dan berkualitas. Materi Bioteknologi relatif baru diajarkan dalam kurikulum SMA, dan rerata nilai Bioteknologi untuk tahun pelajaran 2018/2019 di Kelas XI IPA 1 SMAN Senduro sebesar 62,8 atau kurang dari KKM yaitu 80. Nilai ini melatarbelakangi peneliti untuk mengembangkan buku ajar berbasis R-VGT, yang multirepresentasi, valid, praktis, efektif untuk meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berfikir kritis siswa materi Bioteknologi.

Keywords


bioteknologi, mutipresentasi, berbasis R-VGT

References


Aizikovitsh-Udi, E., & Cheng, D. (2015). Developing Critical Thinking Skills from Dispositions to Abilities: Mathematics Education from Early Childhood to High School. Creative Education, 06(04), 455–462. https://doi.org/10.4236/ce.2015.64045

Atabaki, A. M. S., Keshtiaray, N., & Yarmohammadian, M. H. (2015). Scrutiny of critical thinking concept. International Education Studies. https://doi.org/10.5539/ies.v8n3p93

Carolina, H. S., Sutanto, A., & Suseno, N. (2017). Pengembangan Buku Ajar Perubahan Lingkungan Berbasis Model Search, Solve, Create, Share (SSCS) untuk Memperdayakan Kemampuan Berpikir Kritis. Didakti Biologi.

Daud, F. (2012). Pengaruh Kecerdasan Emosional (EQ) Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA 3 Negeri Kota Palopo. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Universitas Negeri Malang.

Endaningsih, N. (2012). Peningkatan Hasil Belajar Biologi Dengan Pendekatan Kooperatif Tipe Jigsaw (PTK pada Siswa Kelas XI IPA 1 SMA 97 Jakarta). Formatif. https://doi.org/10.30998/formatif.v2i1.83

Facione, P. a. (2011). Critical Thinking : What It Is and Why It Counts. In Insight assessment. Retrieved from https://www.insightassessment.com/CT-Resources/Teaching-For-and-About-Critical-Thinking/Critical-Thinking-What-It-Is-and-Why-It-Counts/Critical-Thinking-What-It-Is-and-Why-It-Counts-PDF

Fendy Hardian Permana. (2015). Pengembangan Buku Ajar Biologi Berbasis Blended Learning Sebagai Bekal Hidup di Abad 21 untuk Mahasiswa S1 Kimia FMIPA UM. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi 2015, Yang Diselenggarakan Oleh Prodi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Muhammadiyah Malang, Tema: “Peran Biologi Dan Pendidikan Biologi Dalam Menyiapkan Generasi Unggul Dan Berdaya Saing Global”, Malang, 21.

Hafni, R. N. (2017). 21st Century Learner: Be A Critical Thinking. The Second of International Conference on Education and Regional Development 2017 (ICERD 2nd), 1(1). Retrieved from http://icerd2017.conference.upi.edu/download/

Jagantara, I. W. M., Adnyana, P. B., & Widiyanti, N. P. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Terhadap Hasil Belajar Biologi Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa SMA. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA.

KEMENDIKBUD RI. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 22 tahun 2016. Kemendikbud RI.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2013). Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar Dan Menengah. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 54 Tahun 2013. https://doi.org/10.1155/2014/603085

Klein, G. (2011). Critical thoughts about critical thinking. Theoretical Issues in Ergonomics Science. https://doi.org/10.1080/1464536X.2011.564485

Lau, J. Y. F. (2011). An Introduction to Critical Thinking and Creativity: Think More, Think Better. In An Introduction to Critical Thinking and Creativity: Think More, Think Better. https://doi.org/10.1002/9781118033449

Mauludin, R., Sukamto, A. S., & Muhardi, H. (2017). Penerapan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Sistem Pencernaan pada Manusia dalam Mata Pelajaran Biologi. Jurnal Edukasi Dan Penelitian Informatika (JEPIN). https://doi.org/10.26418/jp.v3i2.22676

Mulnix, J. W. (2012). Thinking Critically about Critical Thinking. Educational Philosophy and Theory, 44(5), 464–479. https://doi.org/10.1111/j.1469-5812.2010.00673.x

Pangastuti, A., Amin, M., & Indriwati, S. E. (2016). Pengembangan Buku Ajar Biologi Sel Dengan Pendekatan Bioinformatika. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan. https://doi.org/10.17977/JP.V1I2.6105

Permana, T. I., Hindun, I., Rofi’ah, N. L., & Azizah, A. S. N. (2019). Critical thinking skills: The academic ability, mastering concepts and analytical skill of undergraduate students. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 5(1), 1–8. https://doi.org/10.22219/jpbi.v5i1.7626

Pratiwi, H. E., Suwono, H., & Handayani, N. (2014). Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berbasis Hybrid Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI. Jurnalonline. Um. Ac. Id.

Purnamaningrum, A., Dwiastuti, S., Probosari, R. M., & Noviawati. (2012). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Melalui Problem Based Learning ( Pbl ) Pada Pembelajaran Biologi Siswa Kelas X-10 Sma Negeri 3 Surakarta. Pendidikan Biologi.

Smarabawa, I., Arnyana, I. B., & Setiawan, I. (2013). Masyarakat Terhadap Pemahaman Konsep Biologi Dan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Sma. Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA.

Stanovich, K. E., & Stanovich, P. J. (2010). A framework for critical thinking, rational thinking, and intelligence. Innovations in Educational Psychology: Perspectives on Learning, Teaching and Human Development.

Sudarsana, I. K., Nakayanti, A. R., Sapta, A., Haimah, Satria, E., Saddhono, K., … Mursalin, M. (2019). Technology Application in Education and Learning Process. Journal of Physics: Conference Series. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1363/1/012061

Susanto, A., Raharjo, & Prastiwi, M. S. (2012). Permainan Monopoli sebagai Media Pembelajaran Sub Materi Sel pada Siswa SMA Kelas XI IPA. BioEdu.

Warianto, C. (2011). Biologi Sebagai Ilmu Biologi Sebagai Ilmu. Unair Press.

Yazar Soyadı, B. B. (2015). Creative and Critical Thinking Skills in Problem-based Learning Environments. Journal of Gifted Education and Creativity. https://doi.org/10.18200/jgedc.2015214253




DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v5i2.477

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Nahdlatul Ulama Blitar