Hidden Card untuk Meningkatkan Kompetensi Pragmatik Anak Prasekolah dalam Pembelajaran Kosa Kata Penguatan Pendidikan Karakter Bangsa

Saptono Hadi, Agus Hermawan

Abstract


Riset ini berupaya mengungkapkan keefektifitasan media hidden card memacu kompetensi pragmatik anak didik Taman Kanak-Kanak dalam memperbanyak kosakata tiga bahasa. Ancangan teori merujuk model pengembangan Arif S. Sadiman, melalui tahap (1) rancangan pengembangan; (2) prosedur pengembangan (dilakukan kajian rancangan hidden card); (3) aplikasi rancangan hidden card (teknis aplikasi, subjek hidden card, jenis-jenis data, alat pengambil data, teknis menganalisis data). Riset menyatakan bahwa terdapat peningkatan kompetensi pragmatik pada anak didik Taman Kanak-Kanak dalam memperbanyak kosakata/tuturan tribahasa (Bin, Bing, Baja Krama Inggil), dan hidden card sebagai media pembelajaran pemerolehan bahasa dapat merangsang anak didik  memperbanyak kosakata.

Keywords


Hidden card; Penguatan; Usia Dini

References


Khaironi, Mulianah. 2017. Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. jurnal Golden Age Universitas Hamzanwadi; vol. 01 No. 2, Desember 2017, Hal. 82-89. E-ISSN: 2549-7367.

Khaironi, Mulianah. 2018. Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age Hamzanwadi University, Vol. 3 No. 1, Juni 2018, Hal.1-12, E-ISSN: 2549-7367).

Prasanti dan Fitriani. 2018. (Pembentukan Karakter Anak Usia Dini: Keluarga, Sekolah, Dan Komunitas? (Studi Kualitatif tantang Pembentukan Karakter Anak Usia Dini Melalui Keluarga, Sekolah, dan Komunitas. Jurnal obsesi: Jurnal Pendidikan anak Usia Dini, Research & Learning in Early Childhood Education, vol 2 No 1 (2018) Page 13-19). https://obsesi.or.id/index.php/obsesi).

Prismatasair, Puspitowati, Pipit. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Pengalaman (Experiential Learning) dengan Menggunakan Media Gambar dalam Pembelajaran Menulis Karangan Deskripsi pada Siswa Kelas IV MI Riyalatul Uqul. Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya.

Otto, Beverly. 2015. Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jakarta: Prenada Media.

Rida Sinaga. 2018. Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini, Societas Dei, vol. 5, No. 2, Oktober 2018.

Sadiman, S.A. 2002. Media Pendiidikan. Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatan. Jakarta: Raja Grafindo P.

Satyasa, I Wayan. 2007. Landasan Konseptual Media Pembelajaran.Workshop Media Pembelajaran bagi Guru-guru SMA Negeri Banjar Angkan Pada Tanggal 10 Januari 2007 di Banjar Angkan Klungkung.

Solchan, TW. 2011. Materi Pokok Pendidikan Bahasa Indonesia. Jakarta: UT.

Zubaida. 2016. Implemntasi Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Madaniyah, Vol. 1 Edisi X Januari 2016, ISSN 2086-3462




DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v5i2.476

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Nahdlatul Ulama Blitar