Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMA pada Materi Trigonometri
DOI:
https://doi.org/10.28926/briliant.v5i2.469Keywords:
Kemampuan Representasi Matematis, Trigonometri,Abstract
Siswa harus memiliki lima standar proses untuk mengembangkan kemampuan berpikir matematis, salah satunya kemampuan representasi matematis. Namun yang terjadi dilapangan siswa masih belum dapat menggunakan kemampuan representasi matematis beragam dan sering mengikuti arahan guru/buku pelajaran. Dilakukannya penelitian ini untuk menganalisis kemampuan representasi matematis pada siswa SMA dalam materi trigonometri. Penelitian ini ialah jenis penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan pada siswa SMA Negeri 6 Kediri kelas XI tahun ajaran 2019-2020. Penelitian ini memperoleh hasil bahwa kemampuan representasi matematis pada siswa kategori tinggi menguasai tiga indikator kemampuan representasi matematis. Sedangkan siswa kategori rendah hanya menguasai dua indikator.
References
Arikunto, Suharsimi.(2018). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 3. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Djaali, dan Pudji M. (2008). Pengukuran dalam Bidang Pendidikan.Jakarta: Grasindo.
Effendi, L. (2012). Pembelajaran Matematika Dengan Metode Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi dan Pemecahan Masalah Matematis siswa SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan.
Kemdikbud. (2015). Pandian Penilaian untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP).Jakarta.
Kemdikbud. (2018). Pusat Penilaian Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (Online),
(https://hasilun.puspendik.kemdikbud.go.id/#2018!sma!capaian!05&22&999!a&T&1&N&1&!3!&), diakses 18 April 2020
Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
NCTM. (2000). Using The NCTM 2000 Principles and Standarde With the Learning form Assements Materials.
Santia, I. (2015). Representasi Siswa SMA Dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Gaya Kognitif. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika , 365.
Santia, I. (2015). Representasi Siswa SMA Dalam Memecahkan Masalah Nilai Optimum Berdasarkan Gaya Kognitif Fild Independent dan Fild Dependent. Jurnal Math Educator Nusantara.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Wiriandi, O., Rifat, & Suratman, D. (2015). Hubungan antara Kemampuan Representasi Matematis dan Disposisi Matematis Siswa dalam Materi Perbandingan Trigonometri di SMA. Jurnal Pendidikan & Pembelajaran Khatulistiwa.
Yuniawatika. (2012). Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematik Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran Matematika Dengan Strategi React. Dosen Pendidikan Matematika STKIP Siliwangi Bandung.




