Penerapan Model Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Pemahaman Matematis Siswa Kelas F4 SMAN 5 Malang Pada Materi Turunan

Iska Agustina, Abd Qohar

Abstract


Pemahaman matematis adalah kemampuan yang penting untuk dimiliki siswa. Namun demikian pemahaman matematis siswa secara umum masih rendah. Artikel ini berisi tentang hasil penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk  meningkatkan pemahaman matematis siswa. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA F4 SMAN 5 Malang. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus dengan 4 pertemuan tiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model penemuan terbimbing dapat meningkatkan pemahaman matematis siswa pada materi turunan. Hasil dari tes pemahaman matematis siswa mengalami peningkatan dari rata-rata hasil tes pada siklus I yaitu 70.1  menjadi 85.54 pada siklus II. Dari penelitian ini disarankan untuk para guru untuk memberikan pengetahuan prasyarat untuk materi yang akan diajarkan supaya siswa bisa memprediksi apa yang akan dipelajari. Selain itu guru disarankan memberi scaffolding secara khusus kepada siswa supaya siswa lebih aktif dalam berdiskusi dan dapat membangun pengetahuannya sendiri.


Keywords


Pemahaman matematis; penemuan terbimbing; turunan fungsi

References


Amiyani, R., & Widjajanti, J. B. 2018. The Excellence of Guided Discovery Learning on Mathematical Knowledge-Based, Skill-Based, and Attitude. IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series 1097. DOI :10.1088/1742-6596/1097/1/012145.

Anderson, L.W.& Krathwohl, D.R. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching and Assessing. New York: Addison Wesley Longman.

Eggen, P. & Kauchak, D. 2016. Educational Psycology: Windows on Classrooms. 10th. Upper Saddle River, NJ: Pearson.

Even, R.,& Tirosh, D.(2002). Teacher Knowledge and Understanding of Students’Mathematical Learning. Dalam L.D. English (Eds.) Handbook of International Research in Mathematics Education (pp 219-240). National Council of Teachers of Mathematics. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates.

Kilpatrick, J., Swafford, J., & Findell, B. 2001. Adding It Up: Helping Children

Learn Mathematics. Editor Killpatrick, J., Swafford, J., & Findell, B.

Washington DC: National Academy Press.

Mawaddah, S. & Maryanti, R. 2016. Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing (Discovery Learning). Edu-Mat, 4(1). 76-85.

Minarni, A., Napitupulu, E.E., & Husein, R. 2016. Mathematical understanding and representation ability of public junior high school in north sumatra. Journal on Mathematics Education, 7 (1), 43-56.

Muhammad, G. M. & Karso. 2018. Penerapan Model Guided Discovery Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa. Jurnal Eksakta Pendidikan, 2(2): 108-115.

Murnaka, N. P. & Dewi S. R. 2018. Penerapan Metode Pembelajaran Guided Inquiry untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(2): 163-171.

Simamora, R. E. Saragih, S., & Siregar, H. 2019. Improving Students’ Mathematical Problem Solving Ability and Self-Efficacy through Guided Discovery Learning in Local Culture Context. International Electronic Journal Of Mathematics Education, 14(1): 61-72.

Powell, S. R. 2015. The Influence of Symbols and Equations on Understanding Mathematical Equivalence. Intervention in School and Clinic, 50(5): 266-272. DOI: 10.1177/1053451214560891

Skemp, R. R. (1976) Relational Understanding and Instrumental Understanding. Mathematics Teaching, 77, 20–26.

Slavin, R. E. 2006. Educational Psychology: Theory and Practice Eighth Edition. Boston: Pearson.

Ulya, I., Yuwono, I., & Qohar, A. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Bercirikan Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Pada Materi Barisan Aritmetika dan Geometri Kelas X. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 1(1): 17-24.

Yurniwati, & Hanum, L. 2017. Improving Mathematics Achievement Of Indonesian 5th Grade Students Through Guided Discovery Learning. Journal on Mathematics Education, 8(1): 77-84.




DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v5i2.466

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Nahdlatul Ulama Blitar