Penerapan Active Learning dengan Metode Time Token Arrends 1998 untuk Peningkatan Hasil Belajar dan Motivasi Mahasiswa Prodi Pendidikan IPA yang Menempuh Matakuliah Biologi Dasar

Aldila Wanda Nugraha

Abstract


Penelitian ini bertujuan meningkatan motivasi dan hasil belajar mahasiswa pada penerapan Active Learning berbasis Lesson Study. Pengambilan data pada penelitian ini ada 3 instrumen, yaitu: lembar observasi motivasi mahasiswa, lembar observasi monitoring Lesson Study, dan catatan kegiatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar dan motivasi pada mahasiswa semester 2 Prodi Pend.IPA STKIP PGRI Tulungagung. Hal ini terlihat pada hasil analisis, rata-rata skor motivasi belajar mahasiswa pada siklus satu adalah 73,2, dan meningkat pada siklus 2 menjadi 81,52. Hasil tes akhir siklus juga mengalami peningkatan yaitu 82,6, pada siklus 1 dan pada siklus 2 meningkat menjadi 91.


Keywords


Active Learning, Lesson Study , Time Token Arrends 1998

References


Alifi, 2007. Upaya peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Melalui penerapan Pembelajaran Kooperatif TAI pada Siswa kelas VIII E SMP Negeri 1 Gedeg Mojokerto. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: FMIPA UM

Dimyati & Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Gora, Winastwan & Sunarto. 2010. Pakematik Strategi Pembelajaran Inovatif Berbasis TIK. Jakarta: IT. Bumi Aksara

Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Hollingsworth P., Lewis G. 2008. Pembelajaran Aktif. Jakarta: PT. Indeks

Ibrohim. 2012. PPL Berbasis Lesson Study: Sebagai Pola Alternatif untuk Meningkatkan Efektivitas Praktik Pengalaman Mengajar Mahasiswa Calon Guru. Makalah disajikan dalam Workshop Pembimbingan PPL Berbasis Lesson Study. FMIPA Universitas Negeri Malang, 2 Juli 2012.

Maisaroh. 2010. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Active Learning Tipe Quiz Team Pada Mata Pelajaran Keterampilan Dasar Komunikasi Di SMK Negeri 1 Bogor Jurnal Ekonomi & Pendidikan, Volume 8 Nomor 2, November 2010

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 41 tahun 2007 tentang Standar Proses

Sardiman, A.M. 2003. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Bandung: CV. Remadja.

Samadhi, T.M.A. Ari. 2008. Pembelajaran Aktif, Teaching Improvement Workshop, Engineering Education Development Project ADB Load No. 1432-INO

Sholeh, Moch. Hamid. 2011. Metode Edutainment. Jogjakarta: Diva Press

Silberman, Melvin L.. 2006. Active Learning: 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madina

Tafsir, Ahmad. 2011. Metodologi Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Rosda

Widodo, A. 2008. Peningkatan Kemampuan Mengajar Guru-guru SD melalui Lesson Study. (Online), (http://jurnal.upi.edu/file/Jurnal_Ari1.pdf), diakses 3 September 2014.




DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v5i2.465

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Nahdlatul Ulama Blitar