Penerapan Active Learning dengan Metode Time Token Arrends 1998 untuk Peningkatan Hasil Belajar dan Motivasi Mahasiswa Prodi Pendidikan IPA yang Menempuh Matakuliah Biologi Dasar
DOI:
https://doi.org/10.28926/briliant.v5i2.465Keywords:
Active Learning, Lesson Study, Time Token Arrends 1998Abstract
Penelitian ini bertujuan meningkatan motivasi dan hasil belajar mahasiswa pada penerapan Active Learning berbasis Lesson Study. Pengambilan data pada penelitian ini ada 3 instrumen, yaitu: lembar observasi motivasi mahasiswa, lembar observasi monitoring Lesson Study, dan catatan kegiatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar dan motivasi pada mahasiswa semester 2 Prodi Pend.IPA STKIP PGRI Tulungagung. Hal ini terlihat pada hasil analisis, rata-rata skor motivasi belajar mahasiswa pada siklus satu adalah 73,2, dan meningkat pada siklus 2 menjadi 81,52. Hasil tes akhir siklus juga mengalami peningkatan yaitu 82,6, pada siklus 1 dan pada siklus 2 meningkat menjadi 91.
References
Alifi, 2007. Upaya peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Melalui penerapan Pembelajaran Kooperatif TAI pada Siswa kelas VIII E SMP Negeri 1 Gedeg Mojokerto. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: FMIPA UM
Dimyati & Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Gora, Winastwan & Sunarto. 2010. Pakematik Strategi Pembelajaran Inovatif Berbasis TIK. Jakarta: IT. Bumi Aksara
Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Hollingsworth P., Lewis G. 2008. Pembelajaran Aktif. Jakarta: PT. Indeks
Ibrohim. 2012. PPL Berbasis Lesson Study: Sebagai Pola Alternatif untuk Meningkatkan Efektivitas Praktik Pengalaman Mengajar Mahasiswa Calon Guru. Makalah disajikan dalam Workshop Pembimbingan PPL Berbasis Lesson Study. FMIPA Universitas Negeri Malang, 2 Juli 2012.
Maisaroh. 2010. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Active Learning Tipe Quiz Team Pada Mata Pelajaran Keterampilan Dasar Komunikasi Di SMK Negeri 1 Bogor Jurnal Ekonomi & Pendidikan, Volume 8 Nomor 2, November 2010
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 41 tahun 2007 tentang Standar Proses
Sardiman, A.M. 2003. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Bandung: CV. Remadja.
Samadhi, T.M.A. Ari. 2008. Pembelajaran Aktif, Teaching Improvement Workshop, Engineering Education Development Project ADB Load No. 1432-INO
Sholeh, Moch. Hamid. 2011. Metode Edutainment. Jogjakarta: Diva Press
Silberman, Melvin L.. 2006. Active Learning: 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madina
Tafsir, Ahmad. 2011. Metodologi Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Rosda
Widodo, A. 2008. Peningkatan Kemampuan Mengajar Guru-guru SD melalui Lesson Study. (Online), (http://jurnal.upi.edu/file/Jurnal_Ari1.pdf), diakses 3 September 2014.