Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear pada Aljabar Linier Elementer

Wilda Mahmudah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kesalahan yang dilakukan oleh mahasiswa dalam menyelesaikan soal Aljabar Linier Elementer pada materi Sistem Persamaan Linier beserta penyebabnya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa tes uraian dan wawancara. Subyek penelitian adalah mahasiswa semester II Prodi Pendidikan Matematika Universitas Qomaruddin. Langkah-langkah yang dilakukan adalah mengumpulkan data, menganalisis data, dan menarik kesimpulan. Dari hasil analisis data diperoleh bahwa jenis kesalahan yang terjadi dalam menyelesaikan soal Sistem Persamaan Linier pada Aljabar Linier Elementer adalah kesalahan konsep sebesar 20,3%, kesalahan prosedur 24,6%, dan kesalahan keterampilan komputasi 34,7%. Jenis kesalahan terbesar adalah kesalahan keterampilan komputasi, hal ini menunjukkan bahwa Aljabar Linier Elementer membutuhkan kemampuan perhitungan dan ketelitian untuk menyelesaikan setiap soalnya. Kesalahan konsep yang ditemui yakni tidak menggunakan konsep yang ada untuk mengidentifikasi kekonsistenan suatu SPL dan konsep OBE dengan benar. Kesalahan prosedur yang ditemui yakni tidak mampu memanipulasi langkah-langkah dalam OBE dan salah dalam pengambilan kesimpulan. Sedangkan kesalahan komputasi yang ditemui yakni kesalahan dalam perhitungan dikarenakan kurang teliti saat melakukan perhitungan.


Keywords


Analisis Kesalahan; Sistem Persamaan Linier; Aljabar Linier Elementer; OBE

References


Astuti, E.P. (2006). ”Identifikasi kesalahan menyelesaikan kesalahan kalkulus lanjut mahasiswa program studi pendidikan matematika Universitas Muhammadiyah Purworejo”. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Purworejo. Retrieved from https://docplayer.info/46076815-Identifikasi-kesalahan-menyelesaikan-kalkulus-lanjut-mahasiswa-program-studi-pendidikan-matematika-universitas-muhammadiyah-purworejo.html

Fitriyani, K. (2009). Analisis kesalahan dalam mengerjakan soal matematika bentuk uraian pada pokok bahasan persamaan dan pertidaksamaan kuadrat kelas X semester 1 SMA Negeri 1 Guntur (Skripsi). Retrieved from https://lib.unnes.ac.id/2314/1/4564.pdf

Lembang, S. (2018, October 5). Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Aljabar Linier pada Materi Sistem Persamaan Linier. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 6(3), 249-256. https://doi.org/https://doi.org/10.0901/jkip.v6i3.419

Nawafilah, N. Q. (2019). Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaiakn Soal Sistem Persamaan Linier Menggunakan Operasi Baris Elementer. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 8 No. 1.

Ridwan, T. (2016). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Aljabar. Skripsi. Published. Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nusantara PGRI Kediri. http://simki.unpkediri.ac.id/mahasiswa/file_artikel/2016/11.1.01.05.0209.pdf

Ruswana, A. M. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis pada Kuliah Aljabar Linier Elementer. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika. Volume 03, No. 02, Agustus 2019, pp. 293-299

Santi, R. (2012). Implementasi Sistem Persamaan Linier menggunakan Metode Aturan Cramer. Dinamik, 17 (1). Retrieved from https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/fti1/article/view/1615

Widodo, S.A. (2013). Analisis Kesalahan Dalam Pemecahan Masalah Divergensi Tipe Membutuhkan Pada Mahasiswa Matematika. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, Jilid 46, Nomor 2, Juli 2013, 106-113




DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v5i3.463

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Nahdlatul Ulama Blitar