Eksplorasi Etnomatematika pada Batik Pamiluto Gresik
DOI:
https://doi.org/10.28926/briliant.v5i3.462Keywords:
Etnomatematika, Batik Pamiluto GresikAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mendeskripsikan konsep-konsep matematika pada batik Pamiluto Gresik dan bagaimana pemanfaatan nilai-nilai budaya bangsa dapat diintegrasikan dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan etnografi dengan melaksanakan observasi dan wawancara kepada pengrajin batik dan kemudian dilakukan studi literatur terkait dengan geometrinya. Hasil penelitian pada batik Pamiluto Gresik adalah konsep-konsep titik, garis lurus, persegipanjang, lingkaran, belahketupat, trapesium, segitiga, dan simetri. Konsep yang terdapat pada Batik Pamiluto Gresik dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran matematika melalui budaya lokal pada materi geometri.
References
Arwanto. (2017). Eksplorasi Etnomatematika Batik Trusmi Cirebon Untuk Mengungkap Nilai Filosofi dan Konsep Matematis. Phenomenon, Jurnal Pendidikan MIPA.
Ascher, M. (1991). Ethnomathematics: A Multicultural View of Mathematical Ideas. California: Pasific Grove.
Fitroh, W. (2015). Identifikasi Pembelajaran Matematika dalam Tradisi Melemang di Kabupaten Kerinci Provinsi jambi. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan UMS. Surakarta: UMS Surakarta.
Huda, T. N. (2018). Etnomatematika Pada Bentuk Jajanan Pasar di Daerah Istimewa Yogyakarta. JNPM (Jurnal Nasiona Pendidikan Matematikal), 217.
Mustika, R. G. (2013). Study Etnomathematics pada Permainan Keneker Masyarakat Adat Baduy. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Pramono, K. (2013). Nilai Kearifan Lokal dalam Batik Tradisional Kawung. Jurnal Filsafat.
Romadhoni, M. (2017, February 24). Ini Filosofi Batik Pamilunto yang Asli Gresik. Surabaya, Jawa Timur, Indonesia.
Wanita, T. (2014). Developing the notion of symmetry through batik exploration. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.




