Tiga Tantangan Guru Masa Depan Sekolah Dasar Inklusif

Heri Setiawan, Styo Mahendra Wasita Aji, Abdul Aziz

Abstract


Setiap warga negara memiliki hak yang sama dalam mengenyam pendidikan, termasuk siswa dengan kebutuhan khusus. Salah satu strategi yang dilakukan pemerintah untuk memberikan layanan pendidikan yang layak kepada semua warganya yaitu melalui implementasi pendidikan inklusif pada semua jenjang pendidikan. Dilapangan, guru merupakan ujung tombak dalam pelaksanaan kebijakan pendidikan inklusif. Metode penulisan artikel ini menggunakan kajian pustaka (literature review). Hasil kajian literatur yang dilakukan merumuskan hasil bahwa guru SD inklusif di masadepan dengan segala kompetensi dan sumber daya yang ada ditantang untuk secara riil memahami karakteristik siswa yang terus berubah seiring laju perkembangan zaman; mampu beradaptasi dan berinovasi melalui kegiatan penelitian sebagai tugas wajib selain mengajar; serta mampu memaksimalkan learning community yang sudah tersedia melalui KKG maupun wadah komunikasi lain agar dapat menjadi guru SD inklusif yang profesional.


Keywords


Tantangan; guru SD; inklusif

References


Abbas, F., Zafar, A., Naz, T. 2016. Footstep towards Inclusive Education. Journal of Education and Practice. 7 (10), p.48-52.

Affandi, L.H., Ermiada, I., & Makki, M. 2018. Effective Professional Learning Community Model for Improving Elementary School Teachers’ Performance. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, volume 326, doi: https://doi.org/10.2991/iccie-18.2019.54/estp.20133.1546.

Chamidah, A. N. 2010. Pendidikan Inklusiff untuk Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Pendidikan Khusus. Vol 7 (2), (online), (https://journal.uny.ac.id/), diakses 9 Februari 2020.

Fahdini, R., Mulyadi, E., Suhandani, D., & Julia. 2014. Identifikasi Kompetensi Guru Sebagai Cerminan Profesionalisme Tenaga Pendidik Di Kabupaten Sumedang. Mimbar Sekolah Dasar, 1 (1) p. 33-42. (online), (https://ejournal.upi.edu/index.php/mimbar/article/download/874/608), diakses 26 April 2020.

Khan, I. K., Hashmi, S. H., & Khanum, N. 2017. Inclusive Education in Government Primary Schools: Teacher Perceptions. Journal of Education and Educational Development. 4 (1), p. 32-47.

Khan, I. K., Ahmed, L., & Ghaznavi, A. 2012. Child friendly inclusive education in Pakistan. Insight Plus, 5, p.18-20.

Kemendikbud. 2018. Modul Pelatihan Kurikulum 2013 Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI). Jakarta: Dirjen Dikdasmen KEMENDIKBUD.

Kemendiknas. 2008. Standar Pengembangan Kelompok Kerja Guru (KKG) Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP). Jakarta: Jakarta: Dirjen Dikdasmen DEPDIKNAS.

Kinchelo, J. L. 2014. Guru Sebagai Peneliti: Pemberdayaan Mutu guru dengan Metode Panduan Penelitian Kualitatif. M. Yasin Yusuf (Ed). Jogjakarta: IRCiSoD.

Peraturan Mendiknas Nomor 70 tahun 2009 tentang Pendidikan Inklusif bagi Peserta Didik Yang Memiliki Kelainan dan Memiliki Potensi Kecerdasan dan/atau Bakat Istimewa.

Purnama, Sidik. 2018. Pengasuhan Digital untuk Genarasi Alpha. Al Hikmah Proceedings on Islamic Early Childhood Education. Vol 1, (online), (https://s3.amazonaws.com/academia.edu.documents/57365843/Pengasuhan_Digital_48_Sigit_Purnama_493-502.pdf), diakses 9 Februari 2020

Sadioglu, O. Batu, S. Bilgin, A dan Oksal, A. 2013. Problem, Expectations, and Suggestion of Elementary Teacher Regarding Inclusion. Educational Science: Theory & Practice. 13 (3), p.1760-1765 DOI: 10.12738.

Santrock, J.W. 2012. Life Spant Development. Jakarta: Penerbit Erlangga

Suyanto & Jihad, A. 2013. Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Esensi

Tarnoto, N. 2016. Permasalahan-Permasalahan yang Dihadapi Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusi pada Tingkat SD. Humanitas, 13 (1) p. 50-61.(online), (http://digilib.mercubuana.ac.id/manager/t!@file_artikel_ abstrak/Isi_Artikel_626984286959.pdf), diakses pada tanggal 20 Maret 2020.

Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Undang-undang Nomor 14 tahun 2005 tentang guru dan Dosen.

Wijayanti, R. A. 2018. Pengembangan Kompetensi Profesional Guru Melalui KKG (Kelompok Kerja Guru) di SDN 02 Genengan. Artikel Skripsi. (online),(http://eprints.ums.ac.id/63268/11/NASKAH%20PUBLIKASI%20new.pdf), diakses tanggal 29 April 2020.




DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v5i2.458

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Nahdlatul Ulama Blitar