Strategi Mengintegrasikan Kurikulum Pondok dan Sekolah dalam Meningkatkan Prestasi Siswa SMP Mambaus Sholihin

Umi Nahdiyah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Strategi mengintegrasikan kurikulum sekolah dan pondok pesantren dan dalam meningkatkan prestasi siswa konsep serta hasil perpaduan kurikulum pondok pesantren dan sekolah SMP Mambaus Sholihin. Metode penelitian kualitatif di pakai dalam penelitian ini dengan (field research) penelitian lapangan, dengan studi kasus yang dipakai untuk pendekatannya, termasuk penelitian deskriptif. Hasil penelitian yang diperoleh Pertama, konsep integrasi kurikulum melalui penggabungan mata yakni Nahwu dan Sorof itu di masukkan kedalam kurikulum sekolah. Kedua, hasil dari integrasi kurikulum telah cukup terlihat dari output atau lulusan peserta didiknya. Prestasi yang diperoleh oleh siswa baik akademik maupun non akademik semakin meningkat.

Keywords


Strategi; Integrasi Kurikulum; Prestasi

References


Alim, Muhammad. 2006. Pendidikan Agama Islam, upaya pembentukan pemikiran dan kepribadian Muslim. Bandung: Rosda.

Hendriyenti. “Pelaksanaan Program Boarding School dalam Pembinaan Moral Siswa Di SMA Taruna Indonesia Palembang” dalam Ta’dib, Vol. XIX, No.60, Edisi November.

Koesoema A, Donie. 2007. Pendidikan Karakter. Jakarta: Grasindo.

Mansur, Hasan. Metode Islam dalam Mendidik Remaja (Judul Asli Manhajul Islam fi Tarbiyyatis-Syabab). Jakarta Selatan: Mustaqim.

Sanjaya, Wina. 2011. Perencanaan dan Desain Sisitem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Widoyoko, S. Eko Putro. 2009. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Zaenul Fitri, Agus. 2013. Manajemen Kurikulum Pendidikan Islam dari Normatif-Filosofis. Bandung: Alfabeta.

Ceulo W. 2002. Stategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Grasindo.

Haris Prabawa, Andi. 2002. Pradigma Pengembangan Kurikulum Pendidikan Tinggi. Muhammadiyah Universitas Press.

Nasution S. 2006. Asas-Asas Kurikulum. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v5i2.450

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Nahdlatul Ulama Blitar