Paradigma Positive Thinking: Upaya Menyelenggarakan Proses Terbaik dalam Pembelajaran Matematika Sekolah
DOI:
https://doi.org/10.28926/briliant.v5i2.446Keywords:
Pembelajaran Matematika, Positive Thinking, Proses Pembelajaran TerbaikAbstract
Fakta selama ini, lembaga pendidikan berkompetisi untuk memperoleh masukan (input) yang unggul, sementara sebagian lainnya, rela mendapat masukan sisa yang notabene berkualitas rendah. Kita tidak perlu berdebat mana yang lebih baik. Tetapi, akan lebih bijak mencari solusi apa yang kita hadapi ketika menyelenggarakan pembelajaran matematika di kelas. Solusinya adalah menyelenggarakan proses pembelajaran matematika secara baik. Salah satunya adalah mengimplementasikan paradigma berpikir positif (positive thinking) dalam pembelajaran matematika. Faktanya, masih ada sebagian peserta didik yang masih berpikir negatif terhadap matematika, yang bisa berdampak pada fobia matematika. Paradigma berpikir positif (positive thinking) bisa menjadi solusi pemecahan alternatif untuk membangkitkan gairah peserta didik dalam belajar matematika.References
Al-Atsary, A.S.F. (2013). The Amazing Husnudzon: Menjemput Kesuksesan dengan Berpikir Positif. Yogyakarta: Qudsi Media.
Al-Zuraiq, N.A. (2013). Secangkir Kopi for Positive Thinking. Yogyakarta: Real Books.
Andinny, Y. (2013). Pengaruh Konsep Diri dan Berpikir Positif Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Formatif Universitas Indraprasta PGRI. Volume 3 Nomor 2, Hlm. 126-135
Elfiky, I. (2009). Terapi Berpikir Positif. Terjemahan dari Quwwat al-Tafkir (Alih bahasa: Khalifurrahman Fath & M. Taufik Damas) Jakarta: Zaman.
Gardner, H., (1983). Frames of Mind: The Theory of Multiple Intelligences. New York: Basic Books.
Hills, N. (2009). Key to Positive Thinking. Penerjemah: Veronica. Jakarta: Bhuana Ilmu Populer.
Jamiah, Y. (2012. Pembiasaan Sikap Positif dalam Membangun Karakter Mahasiswa melalui Pembelajaran Matematika. Makalah dipresentasikan dalam Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, tanggal 10 November 2012, di Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY
Junaedi, D. (2017). Berpikir Positif Agar Allah Selalu Menolongmu!. Jakarta: Qaf.
Kabir, S.M.S. (2013). Positive Attitude Can Change Life. Journal of Chittagong University Teachers’ Association. Department of Psychology University of Chittagong, Chittagong
Lanani, K. (2013). Sosok Guru Impartiality dalam Pembelajaran Matematika. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. Vol. 2, No. 2, Oktober 2013.
Martokoesoemo, P.H. (2007). Spiritual Thinking: Sukses Neuro Linguistic Programming (NLP) dan Tasawuf. Bandung: Mizania.
Nawawi, R.S. (2014). Kepribadian Qur’ani. Jakarta: Amzah.
OECD. (2019). Programme for International Student Assessment (PISA) Result for PISA 2018. https://www.oecd.org.
Parmar, S.D. (2015). Positive Thinking Can Change Our Life. The International Journal of Indian Psychology. Volume 2, Issue 3, Paper ID: B00341V2I32015, http://www.ijip.in | April to June 2015.
Shihab, M.Q. (2016). Kumpulan 101 Kultum tentang Islam. Tangerang: Lentera Hati.
Soenarwo, B.M. (2016). BERLIAN: Menyikapi Hidup dengan Brilian. Jakarta: Halimun Media Citra
Susanto, A. (2014). Aku Sesuai Sangkaan Hamba-Ku. Bandung: Mizania.
Winarso, W. (2014). Mengatasi Stres Akademik dalam Pembelajaran Matematika Melalui Penguatan Self Esteem Peserta Didik. Al-Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Volume 1, Nomor 1.




