Memperkuat Kecakapan Siswa Melalui Werewolf in Education Di SMAN 2 Blitar

Johan Edy Prastiwo

Abstract


Tujuan dari pnelitian ini yaitu untuk memperkuat kecakapan siswa melalui permainan Werewolf in Education. Hasil kajian penulis tuangkan dalam makalah yang telah penulis uji cobakan dan telah penulis teliti melalui pendekatan kualitatif- analisis diskriptif. Sumber penulisan berasal dari eviden dilapangan dan pengalaman penulis yang terlibat langsung dalam permasalahan yang dibahas. Sasaran penulisan meliputi siswa, guru, komite hingga orang tua SMAN 2 Blitar. Setelah menggelar beberapa kali permainan Werewolf in Education dengan materi PPK, Adiwiyata, GLS, SKS dan Pendikel dengan melibatan Guru, Orang Tua dan pengurus Komite Sekolah sebagai unsur dari Tri Pusat Pembelajaran disimpulkan dapat memberikan penguatan Siswa berupa kecakapan, penguatan Karakter dan Literasi, mengembangkan wawasan dan menumbuhkan dukungan segenap warga seklah pada program-program SMA Negeri 2 Blitar Tahun Pelajaran 2017/2018. Permainan Werewolf in Education disarankan terus digunakan sebagai salah satu pilihan dalam pembinaan Ekstrakurikuler, sebagai media sekolah dalam menjalin komunikasi dan mendapatkan dukungan orang tua dan pengurus kote sekolah. Penggunaan Werewolf in Education lebih lanjut sebagai model pembelajaran didalam kelas dengan modifikasi materi game yang sesuai dengan Kompetensi Dasar (KD) pada masing-masing mata pelajaran.

Keywords


Keterampilan, Karakter, Werewolf in Education.

References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek; Edisi Revisi VI. Jakarta: Rineka Cipta.

Direktorat Pembinaan SMA. 2015. Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Jakarta: Direktorat Pembinaan

Direktorat Pembinaan SMA. 2016. Panduan Penyelenggaraan Gerakan Literasi Sekolah. Jakarta: Direktorat Pembinaan

Direktorat Pembinaan SMA. 2017. Implementasi Kecakapan Abad 21 dalam Pembelajaran di SMA. Jakarta: Direktorat Pembinaan

Direktorat Pembinaan SMA. 2017. Panduan Penyelenggaraan SKS. Jakarta: Direktorat Pembinaan




DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v5i1.442

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Nahdlatul Ulama Blitar