Peningkatan Hasil Beljaar Bahasa Indonesia melalui Metode Inquiri Pada Siswa Kelas VI SDN 1 Tamanan

Suci Rahayu

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran objektif tentang peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia materi surat resmi dengan metode inquiry pada siswa. Penelitian menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas VI SDN 1 Tamanan Trenggalek Pelajaran 2013/2014. Hasil Penelitian menunjukkan Peningkatan dari hasil pretes nilai rata-rata prestasi 57,46. Evaluasi siklus I diperoleh  nilai  rata-rata  69,74 (47,37%) mencapai ketuntasan. Pada siklus II nilai rata-rata yang diperoleh 82,89 (89,47%) mencapai ketuntasan meningkat 42,11% dari siklus sebelumnya.

Keywords


hasil belajar; inquiri; surat resmi;

Full Text:

PDF

References


Hamalik, Oemar. 2011. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Hartanto. 2009. Peningkatan Kemampuan Menulis Surat Pribadi Melalui Metode Pembelajaran Kontekstual (CTL) Siswa Kelas III SD Negeri Purbayan OI Baki Sukoharjo”.

Suparmin. 2010. Klitika. Sukoharjo: Uinvet Bantara.

Sudjana, Nana. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suryono, Haryanto. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT. Rosdakarya




DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v2i2.44

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual

E-ISSN: 2541-4224, P-ISSN: 2541-4216

 

Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Nahdlatul Ulama Blitar