Peran Strategis Public Relation dalam Pengembangan Reputasi Pendidikan Tinggi: Studi Kasus Promosi di Akademi Farmasi Surabaya

Abd Syakur, Redi Panuju

Abstract


Public Relation (PR) memiliki peranan yang sangat fundamental dalam pengembangan reputasi pendidikan tinggi (PT). Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi PR (humas) dalam kegiatan promosi dan hubungannya dengan pengembangan reputasi perguruan tinggi di Akademi Farmasi Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan non-eksperimental dengan pendekatan kuantitatif melalui rancangan korelasional. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang analisis menggunakan Sofware SPSS 23. Parameter data yang di uji adalah kualitas, validitas dan reliabilitas data. Bila dari hasi uji memenuhi asumsi klasik akan dilanjutkan dengan pengujian regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini peran PR memiliki peranan strategis untuk kemajuan PT sebesar 0,449 dan 0,502. Manajemen dan strategi PR secara simultan berpengaruh terhadap promosi dengan minat mahasiswa baru di Akademi Farmasi Surabaya.

Keywords


Public relation, strategi, reputasi, Perguruan Tinggi

References


Arifin, M. (2017). Strategi Manajemen Perubahan dalam Meningkatkan Disiplin di Perguruan Tinggi. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3(1).

Aswati, S., Mulyani, N., Siagian, Y., & Syah, A. Z. (2015). Peranan sistem informasi dalam perguruan tinggi. JURTEKSI ROYAL Edisi2.

Dirgantari, P. D. (2012). Pengaruh Kualitas Layanan Jasa Pendidikan Terhadap Kepuasan Mahasiswa serta Dampaknya Terhadap Upaya Peningkatan Citra Perguruan Tinggi Negeri Menuju World Class University (Studi pada Mahasiswa Asing di ITB, UNPAD, dan UPI). JURNAL ILMU MANAJEMEN DAN BISNIS, 3(2).

Dirgantari, P. D. (2016). Peranan Bauran Pemasaran Jasa Pendidikan Terhadap Upaya Meningkatkan Ekuitas Merek Berbasis Pelanggan Perguruan Tinggi (Studi Pada Perguruan Tinggi Di Jawa Barat). Strategic: Jurnal Pendidikan Manajemen Bisnis, 16(1), 22-21.

Handayani, T. (2015). Relevansi lulusan perguruan tinggi di Indonesia dengan kebutuhan tenaga kerja di era global. Jurnal Kependudukan Indonesia, 10(1), 53-64.

Harlie, M. (2012). Pengaruh Disiplin Kerja, Motivasi dan Pengembangan Karier terhadap Kinerja Pegawai Negeri Sipil pada Pemerintah Kabupaten Tabalong di Tanjung Kalimantan Selatan. Jurnal Aplikasi Manajemen, 10(4), 860-867.

Janti, S. (2014). Analisis validitas dan reliabilitas dengan skala likert terhadap pengembangan si/ti dalam penentuan pengambilan keputusan penerapan strategic planning pada industri garmen. Paper presented at the Prosiding Seminar Nasional Aplikasi Sains & Teknologi (SNAST).

Kartikasari, D. (2014). Analisis Persaingan Pendidikan Tinggi Di Batam Dari Perspektif Politeknik Batam. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 33(2).

Lugi Basuki, L. (2016). Strategi Public Relations Event World Sight Day (WSD) Studi Kasus pada Staff di Syamsi Dhuha Foundations (SDF). UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Nadlir, M. (2013). Perencanaan pembelajaran berbasis karakter. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 1(2), 338-352.

Noviyani, R., Ketut, T., Ayu, I., & Nyoman, G. (2016). Uji validitas dan reliabilitas kuesioner EORTC QLQ C-30 untuk menilai kualitas hidup pasien kanker ginekologi di RSUP Sanglah Denpasar. Jurnal Farmasi Klinik Indonesia, 5(2), 106-114.

Nur Harini, I. (2014). Manajemen Hubungan Masyarakat dalam Upaya Peningkatan Pencitraan Sekolah (Studi Kasus di SMP Al Hikmah Surabaya). Inspirasi Manajemen Pendidikan, 4(4).

Pipin, W., Mustafid, M., & Rochim, A. F. (2012). Perencanaan Strategis Sistem Informasi Pada Institusi Pendidikan Tinggi Menggunakan Analisis Critical Success Factors (Studi Kasus: STMIK Duta Bangsa Surakarta). Universitas Diponegoro.

Priyatna, M. (2017). Manajemen pengembangan sdm pada lembaga pendidikan Islam. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 5(09), 21.

Rahman, R. S. (2016). Pengaruh Bauran Hubungan Masyarakat (Public Relations Mix) Terhadap Citra Merek Dan Kesadaran Merek Serta Implikasinya Terhadap Keputusan Siswa Memilih Studi. Jurnal Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurship, 10(1), 44-59.

Salim, K., Sari, M. P., Islam, J. M. P., & Riau, S. A. K. (2014). Pengaruh Globalisasi Terhadap Dunia Pendidikan. Makalah Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, STAI Abdurahman Kepulauan Riau. Page, 1-11.

Sidanti, H. (2015). pengaruh lingkungan kerja, disiplin kerja dan motivasi Kerja terhadap kinerja pegawai negeri sipil di Sekretariat DPRD kabupaten madiun. Jurnal Jibeka, 9(1), 44-53.

Suryani, I. (2015). Penanaman Nilai-nilai Anti Korupsi di Lembaga Pendidikan Perguruan Tinggi sebagai Upaya Preventif Pencegahan Korupsi. dalam Jurnal Visi Komunikasi, 14(02), 285-301.

Syakur, A. (2017). Education For Sustainable Development (Esd) Sebagai Respon dari Isu Tantangan Global Melalui Pendidikan Berkarakter dan Berwawasan Lingkungan yang Diterapkan pada Sekolah Dasar, Sekolah Menengah dan Kejuruan di Kota Malang. Eduscience, 1(1), 37-47.

Syakur, A. (2018). Hubungan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Mahasiswa dan Loyalitas Mahasiswa Ditinjau dari Model Pembelajaran di Akademi Farmasi Surabaya. Reformasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 8(2), 100-108.

Widyaningsih, P. (2012). Perencanaan Strategis Sistem Informasi Pada Institusi Pendidikan Tinggi Menggunakan Analisis Critical Success Factors (Studi Kasus: STMIK Duta Bangsa Surakarta). Fakultas Sistem Informasi, Universitas Diponegoro Semarang.

Wijaya, I. (2015). Implementasi program corporate social responsibility pt. xl axiata, tbk dalam mengelola reputasi perusahaan (studi kasus program xl future leaders batch 1). Universitas Multimedia Nusantara.




DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v5i1.439

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Nahdlatul Ulama Blitar