Analisis Nilai Budi Pekerti Luhur Kumpulan Cerita Pendek Anak “Aku Anak Baik” Anisa Widiyarti

Saptono Hadi

Abstract


Indikasi cerita pendek anak dengan segala kisah mempesona, mengharukan, berdampak pada sikap memaksa bertindak, sehingga kekurangan perwatakan mengurangi fungsi terapan. Kesenjangan deskripsi fungsi terapan keteladanan lakuan tokoh secara jelas berimplikasi minim edukasi. Tujuan penelitian menggambarkan adanya permasalahan nilai moral dan agama sebagai bagian fungsi terapan nilai edukatif budi pekerti luhur. Pengkajian berdasar konsep pendekatan kualitatif deskripstif mengacu pada pendekatan analitik dan didaktik. Teknik observasi deskriptif sebagai upaya pemahaman dan interpretasi topik kajian. Pengumpulan data dengan menganalisis teks (kebahasaan) sebagai dokumenter yang berupa data terkait kesenjangan fungsi terapan nilai moral, dan agama. Hasil menunjukkan cerita pendek anak karya Anisa Widiyarti terdapat kesenjangan fungsi terapan nilai edukatif berbudi pekerti luhur akibat penokohan hanya menekankan adegan  insiden dan kejadian.

Keywords


Nilai Budi Pekerti; Cerpen Anak; Anisa Widiyarti

References


Aminuddin. 2013. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Basuki, dkk.. 2013. Pedoman Penciptaan Susana Sekolah Yang Kondusif Dalam Rangka Pembudayaan Budi Pekerti Luhur Bagi Warga Sekolah. Jakarta: Ditjen Dikdasmen Depdiknas.

Endraswara,S. 2008. Metodologi Penelitian Sastra. Epistemologi, Model, Teori, dan Aplikasi (Edisi Revisi). Yogyakarta: Medpres.

Gani, R. 2007. Pengajaran Sastra Indonesia. Respon dan Analisis.

Jakarta: P2LPTK.

Hasanuddin, T., dkk. 2009. Kesastraan. Departemen Pendidikan Nasional.

Direktorat Jenderal Peningkatan Mutudan Tenaga Kependidikan. Pusat Pengembangandan Pemberdayaan Pendidikdan Tenaga Kependidikan Bahasa. Jakarta: PPPPTK Bahasa.

Iskandarwasid, 2013. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Karma, Lewa.2014. Info. Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Timur. Sebagai

Sarana Informasi dan Komunikasi.Volume 13, Edisi 12. Surabaya: UPT Tekkomdik Dinas Pendidikan Prov. Jatim.

Kemendiknas. 2010. Pengembangan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta:Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum.

Kosasih, E. 2012. Dasar-dasar Keterampilan Bersastra. Bandung: YramaWidya.

Minderop, Albertine. 2013. Psikologi Sastra. Karya Sastra, Metode, Teori, Dan Contoh Kasus. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Surabaya: Triana Media.

Mustari, Mohammad. 2014. Pelangi. Membangun Manajemen Mutu, Inovasi & Kreativitas dalam Pendidikan. Jakarta: Direktorat Pembinaan SMP.

Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Nugraha, P. Sidik. 2013. Sketsa. Penerapan Apresiasi Pada Mata Pelajaran Seni Budaya Di Sekolah Dasar. Edisi V Maret. Surabaya: Sejahtera Mandiri Teknik.

Pradopo, Rachmat Djoko. 2013. Beberapa Teori Sastra, Metode Kritik, Dan

Penerapannya.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Priandana, Yanu Irdianto. 2014. Hubungan Sastra dan Budaya (Online).Info.com/2013/03/hubungan-sastra-budaya.html, diakses 12 April 2015).

Sarumpaet, RKT. 2010. Pedoman Penelitian Sastra Anak. Edisi Revisi. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugono, Dendy. 2013. KBBI. Depdikanas. Jakarta: Gramedia.

Supelli, Karlina. Sketsa. 2015. Pendidikan Dari Dan Untuk Pendidikan. Edisi V Maret. Surabaya: Sejahtera Mandiri Teknik.

Widiyarti, Anisa. 2015. Aku Anak Baik. Kumpulan Cerita Menjadi Anak Baik Sesuai Tuntunan Hadits. Solo: Tiga Ananda

Wiyadi. 2013. Membina Akidah dan Akhlak. Solo: Aqila-PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri

WS, Hasanudin. 2007. Ensiklopedi Sastra Indonesia. Bandung: Titian Ilmu

Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v5i1.435

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Nahdlatul Ulama Blitar