Analisis Alih Kode dan Campur Kode dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 3 Darul Hikmah, Aceh Jaya

Mardhiah Mardhiah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk alih kode dan campur kode dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMP Negeri 3 Darul Hikmah, Aceh Jaya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Data dalam penelitian ini diperoleh dari observasi yang berupa tuturan guru dan siswa. Hasil penelitian adalah bentuk alih kode dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 3 Darul Hikmah berupa alih bahasa dan alih ragam. Alih bahasa berupa alih kode dari Bahasa Indonesia ke Bahasa Aceh, alih kode terjadi dari Bahasa Aceh ke Bahasa Indonesia, sedangkan alih ragam dari ragam formal ke ragam tidak formal dan sebaliknya. Adapun campur kode yang terjadi berupa penyisipan kata, penyisipan frasa, baster (hybrid), dan penyisipan klausa.

Keywords


Alih Kode; Campur Kode; Proses pembelajaran; Bahasa Indonesia

References


Arikunto, S. 2006. Manajemen Penelitian. Jakarta: Asdi Mahasatya.

Chaer, Abdul dan Leonie Agustina. 2010. Sosiolinguistik perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.

Hanafiah, M. Adnan dan Ibrahim Makam. 1984. Struktur Bahasa Aceh. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan

Indrayani, Nanik. 2017. “Penggunaan Campur Kode dan Alih Kode dalam Proses Pembelajaran di SMPN Ubung Pulau Buru”. Totobuang 5(2): 299-314.

Mahsun, M.S. 2007. Metode Penelitian Bahasa. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Nababan, P.W.J. 1991. Sosiolinguistik Suatu Pengantar. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Nazir, Moh. 2003. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Ohoiwutun, Paul. 2007. Sosiolinguistik Memahami bahasa dalam Konteks Masyarakat dan Kebudayaan. Jakarta: Kesaint Blanc.

Rahardi, Kunjana R. 2001. Sosiolinguistik, Kode dan Alih Kode. Cilebon Timur: Pustaka Pelajar.

Rulyandi, dkk. 2014. “Alih Kode dan Campur Kode dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA”. Jurnal Paedagogia, 17(1)

Sugono, Dendy. 2002. Berbahasa Indonesia dengan Benar. Jakarta: Puspa Swara.

Sumarsono dan Paina Partana. 2002. Sosiolinguistik. Yogyakarta: Sabda

Susmita, Nelvia. 2015. “Alih Kode dan Campur Kode dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 12 Kerinci”. Jurnal Penelitian Universitas Jambi Seri Humaniora, 17(2): 87-98.

Suwito. 1983. Sosiolinguistik. Surakarta: Henary Offset Solo.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 24 tahun 2009 Pasal 27

Widarsini, Ni Putu N & Suida, I Made. 2016. “Bahasa-Bahasa di Aceh: Sajian awal profil sosiolinguistik”. Prosiding Seminar Nasional Bahasa Ibu. Denpasar: Udayana University Press




DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v5i1.432

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Nahdlatul Ulama Blitar