Peningkatan Keaktifan Kecepatan Lari 60 M melalui Metode Demonstrasi

Siswoyo Siswoyo

Abstract


Berdasarkan observasi awal, diketahui bahwa kecepatan lari 60 m siswa di kelas V SD Negeri 3 Ngerdani masih kurang optimal. Tujuan penelitian mengetahui gambaran objektif peningkatan keaktifan kecepatan lari 60 m. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) subjek siswa kelas V berjumlah 15 siswa, berlangsung 2 siklus. Hasil penilaian siklus, kondisi pra 2 siswa (13,33%) dinyatakan tuntas, pada siklus I ketuntasan mencapai 66,66%, pada siklus II, persentase mencapai 100%, Hasil penelitian diperoleh metode demonstrasi meningkatkan keaktifan belajar lari 60 m siswa kelas V semester I tahun pelajara 2013/2014 di SDN 3 Ngerdani Kecamatan Dongko Kabupaten Trenggalek

Keywords


Keaktifan; lari 60 meter; demonstrasi;

Full Text:

PDF

References


Andang, Ismail. 2009. Educations Games; Menjadi Cerdas dan Ceria dengan PermaiNan Edukatif. Yogyakarta: Pilar Media.

Arikunto, S. 2010. Prosedur penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. (Edisi.Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.

Arma, Abdullah, & Manaji, Agus. 1994. Dasarâ€dasar Pendidikan jasmani. Proyek Pembinaan dan Peningkatan Mutu Tenaga Kependidikan, Dirjen Dikti, Depdikbud.

Depdiknas, 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Untuk Sekolah Dasar Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani. Jakarta: Dikdasmen

Depdiknas. 2003. Kurikulum 2004, StandarKompetensi, Mata Pelajaran Pendidikan Jasmai SD/MI. Jakarta: Depdiknas.

Fadjar. 2014. Pengaruh Permainan Hijau Hitam Terhadap Peningkatan Lari Sprint 60 Meter Pada Siswa Kelas VI SD Negeri 12 Prabumulih. Skripsi tidak diterbitkan. Palembang: UNSRI.

Hamdani, 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia,

Hartati. 2012. Atletik. Palembang: Universitas Sriwijaya.

Khomsin. 2011. Atletik 1. Semarang :Universitas Negeri Semarang.

Kosasih, Engkos,. 1992. Olah raga Teknik dan Program Latihan. Jakarta: Akademika Presindo.

Mochamad. Djumidar & Widya, A. 2004. Gerak-Gerak Dasar Atletik Dalam Bermain.Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Nadisah, Mattew. 1992. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Jakarta: Depdikbud.

Pakhisah, Siti. 2010. Peningkatan Pembelajaran Guling Belakang melalui Pendekatan Bermain pada Peserta didik Kelas IV SD Negeri Karangsari Kecamatan Sapuran Kabupaten Wonosobo. Skripsi tidak diterbitkan. UNY: FIK.

Rosyidi, Nasir,. 1983. Pedoman Olah raga. Solo: Tiga Serangkai

Rusli, Ibrahim. 2001 Landasan Psikologi Pendidikan Jasmani Di Sekolah Dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Rusli. 1988. Belajar Keterampilan Motorik Pengantar Teori dan Metode. Jakarta: P2LPTK Dirjen Dikti Depdikbud.

Sagala, Syaiful. 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Subagyo, Irianto. 2010. Pedoman Pelaksanaan Pengembangan Tes Kecakapan“David Lee†untuk Sekolah Sepakbola (SSB) Kelompok Umur 14-15 Tahun. Yogyakarta: FIK UNY.

Sugiono. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suherman, Wawan,. (2004). Kurikulum Berbasis Kompetensi Pendidikan jasmani Teori dan Praktik Pengembangan. Yogyakarta: FIK UNY.

Sujiono, B. 2010. Bermain kreatif. Jakarta: Indeks

Sukadiyanto. 2003. Pengantar Teori dan Metodologi Melatih Fisik. Yogyakarta: FIK UiversitasNegeri Yogyakarta.

Sukintaka. 2000. Teori Pendidikan Jasmani. Yogyakarta: EsaGrafika Solo.

Sukirno.2012 Psikologi Olahraga dan Kepelatihan. Palembang: CV Dramata Kreasi Media

Sunaryo, Basuki, 1979. Atletik I. Depdikbud. Jakarta : Garuda Maju Cipta.

Suprijono, Agus. 2011. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sutomo.,dkk., 1998. Profesi Kependidikan. Semarang: CV. IKIP Semarang Perss.

Suryobroto, Agus. S. 2004. Sarana dan Prasarana Pendidikan Jasmani, Yogyakarta : FIK UNY.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progesif. Jakarta: Kencana.




DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v2i2.43

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual

E-ISSN: 2541-4224, P-ISSN: 2541-4216

 

Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Nahdlatul Ulama Blitar