Monitoring dan Evaluasi Perkuliahan di Jurusan Fisika Universitas Negeri Malang

Muhammad Reyza Arief Taqwa, Atsnaita Yasrina, Alif Darmawan, Fatah Kurniawan, Risky Putra Pramudia

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan upaya peningkatan akuntabilitas evaluasi kegiatan perkuliahan melalui upaya pemberian RPS perkuliahan, pelaksanaan ujian bersama dan melakukan pembahasan ujian bersama. Penelitian ini merupakan penelitian survey yang dilakukan pada seluruh dosen di Jurusan Fisika Universitas Negeri Malang dalam kegiatan monitoring dan evaluasi kegiatan perkuliahan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa (1) seluruh mata kuliah memberikan RPS diawal perkuliahan; (2) seluruh mata kuliah melakukan UTS bersama, kecuali beberapa mata kuliah praktikum, dan (3) jumlah dosen yang melakukan pembahasan hasil UTS sudah cukup banyak.


Keywords


Monitoring dan evaluasi; permberian RPS; UTS bersama

References


Afwa, I. L., Sutopo, & Latifah, E. (2016). Deep learning question untuk meningkatkan pemahaman konsep fisika. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(3), 434–447.

Fakhrurrazi, O. : (2018). Hakikat pembelajaran yang efektif. Dalam Jurnal At-Tafkir.

Iskandar, A. (2010). Metodologi penelitian pendidikan dan sosial (kuantitatif dan kualitatif). Jakarta: GP Press.

Ismail, F. (2013). Inovasi Evaluasi Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam (Model-Model Penilaian Berbasis Afektif). Jurnal Ta’dib, 18(02), 228–259.

Mardapi, D. (2009). Evaluasi penerapan ujian akhir Sekolah Dasar berbasis standar nasional. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 13(2), 227–245.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1992). Analisis data kualitatif jakarta: Universitas Indonesia. UI Press.

Purwanto, M. N. (2002). Prinsip-Prinsip Evaluasi Pengajaran. Bandung: Rosda Karya.

Purwanto, N. (1996). Psikologi Pendidikan. Bandung: Rosda Karya.

Setyawanto, A., Hs, S., & Agus Basuki, I. (2012). Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Guru Bahasa Indonesia Tingkat SMP Di Kota Malang.

Sutopo, Jayanti, I. B., & Wartono. (2016). Efektivitas program resitasi berbasis komputer untuk meningkatkan penguasaan konsep mahasiswa tentang gaya dan gerak. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 3(1), 111–119.

Suweken, G. (2014). Asesmen online untuk meningkatkan keterlibatan dan kualitas pembelajaran matematika. Dalam Seminar Nasional FMIPA UNDIKSHA IV Tahun.

Taqwa, M. R. A. (2016). Perlunya Program Resitasi untuk Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa dalam Memahami Konsep Gaya dan Gerak. Pros. Semnas Pend. IPA Pascasarjana UM, 1, 365–372.

Taqwa, M. R. A., & Faizah, R. (2016). Perlunya Program Resitasi untuk Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa dalam Memahami Konsep Gaya dan Gerak. Pros. Semnas Pend. IPA Pascasarjana UM, 12(1), 365–372.

Taqwa, M. R. A., Hidayat, A., & Sutopo. (2016). Recitation Program Based On Multi Representation Needed to Increasing the Kinematics Conceptual Understading. The 2nd International Seminar on Science Education (ISSE) Graduate School-Yogyakarta State University, 60–66. Jogjakarta.

Taqwa, M. R. A., Hidayat, A., & Sutopo. (2017). Deskripsi Penggunaan Program Resitasi dalam Meningkatkan Kemampuan Membangun Free-Body Diagrams ( FBDs ). Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako, 5(1), 52–58.

https://doi.org/10.22487/j25805924.2017.v5.i1.8411

Yu, O. S. (2016). Using students’ feedback to evaluate teachers’ effectiveness. Journal for Educators, Teachers and Trainers JETT, 7(1), 182–192.




DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v5i1.425

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Nahdlatul Ulama Blitar