Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Pronunciation Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris

Tyas Alhim Mubarok, Ahmad Saifudin, Siti Rofiah

Abstract


Bahasa Inggris sebagai bahasa asing menjadi tantangan tersendiri bagi pembelajarnya, seperti halnya cara pengucapan (pronunciation). Pronunciation merupakan salah satu mata kuliah dasar ketrampilan yang menjadi skill awal untuk kemampuan berbicara (speaking) dan kemampuan mendengarkan (listening). Oleh karena itu, penelitian ini bermaksud untuk mengembangkan modul pembelajaran mata kuliah pronunciation berbasis kontekstual agar lebih mudah dipahami oleh mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan pendekatan kontekstual. Pendekatan ini merupakan pendekatan yang mengkaitkan materi pembelajaran dengan konteks dunia nyata yang dihadapi mahasiswa sehari-hari. Hasil akhir dari penelitian ini menunjukkan bahwa modul pembelajaran pronunciation berbasis kontekstual memiliki kriteria valid, praktis, dan efektif. Selain itu, dari hasil uji lapangan menunjukkan bahwa bahwa terdapat pengaruh antara penerapan pembelajaran menggunakan modul pronunciation berbasis kontekstual terhadap peningkatan kemampuan pronunciation mahasiswa dari rata-rata nilai pretest 60 menjadi 83 setelah diterapkannya modul pembelajaran berbasis kontekstual sehingga dapat disimpulkan bahwa modul tersebut efektif dan layak diterapkan.

Keywords


Modul Pronunciation; Bahasa Inggris; Kontekstual

References


Abdolmalekia, Momammad & Mohebib, Houman. (2014). A Diagnostic-remedial Survey of Iranian EFL Teachers’ Knowledge and Practice of Suprasegmental Pronunciation Features. Procedia - Social and Behavioral Sciences 98 (2014) 36 – 43

Betül, Çimenli. 2015. On Pronunciation Teaching and Semiotics. Procedia - Social and Behavioral Sciences vol. 199 pp 634 – 640).

Borg, WR and Gall, MD. (1983). Educational research: An Introduction. Longman: Longman Inc

Demirezena, Mehmet & Kotb, Esma. (2016). Collegial Reactions to Faulty Pronunciation of Teachers in relation to English Language Teaching. Procedia - Social and Behavioral Sciences. No. 232 471 – 478

Demirezena, Mehmet, Kulaksız, Emel. (2015). Correct pronunciation as work ethics in teacher education. Procedia - Social and Behavioral Sciences no. 199 pp. 713 – 721.

Isil Atli, A. S. (2012). The effect of Pronunciation instruction on students’ overall speaking skills. Procedia - Social and Behavioral Sciences , 46 (2012) 3665 – 3671.

Mubarok, TA. (2019). Motivasi Belajar Bahasa Inggris pada Siswa Madrasah Aliyah Darul Mutaállimin Sugihwaras Patianrowo Nganjuk. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, Vol 4 No 1 February 2019 pp. 118-124.

Murcia, M., Brinton, D., & Goodwin, J. (2010). Pronunciation Instruction in Perspective. In Teaching Pronunciation: A course book and reference guide (2nd ed., pp. 1-15). New York: Cambridge University Press

Nunan, David. (2003). Practical English Language Teaching. New York: Mc.Graw-Hill Companies.

Selouani, Sid-Ahmed & Alotaibi, Yousef Ajami. 2011. Adaptation of foreign accented speakers in native Arabic ASR systems. Applied Computing and Informatics (2011) 9, 1–10




DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v5i1.416

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Nahdlatul Ulama Blitar