Pengembangan Model Pembelajaran PBL Berbasis Blended Learning Pada Mahasiswa PGSD UNU Blitar

Cindya Alfi, Kistin Restu Perdana

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengembangkan pembelajaran berbasis masalah (PBL) berbasis blended learning agar mahasiswa lebih menguasai pembelejaran dengan memanfaatkan teknologi dan pemecahan masalah. Model pengembangan Dick and Carey. Hasil penelitian menyatakan bahwa hasil validasi ahli pembelajaran diperoleh nilai 90 %, uji coba kelompok kecil yang dilakukan di offering B semester 1 PGSD UNU Blitar diperoleh presentase sebesar 85%. Hasil uji coba lapangan dari angket subjek ujicoba diperoleh nilai 90%. Artinya produk yang dikembangkan berupa model PBL berbasis Blended learning dalam kualifikasi sangat valid/layak sehingga secara umum tidak perlu revisi.

Keywords


PBL, blended learning

References


Arsanti, Meilan. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Penulisan Kreatif Bermuatan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Religius Bagi Mahasiswa Prodi PBSI, FKIP, Unissula. Jurnal Kredo Vol 1(2): 71-90. http://jurnal.umk.ac.id diakses 11 November 2019

AUN-QA. 2015. Guide to AUN-QA Assessment at Programme Level Version 3.0. Bangkok: ASEAN University Network.

Bin, J. O. 2015. Living Better. (AUN-QA Network) Retrieved Maret 2016, from http://livingbetterforhappiness.blogspot.co.id/2015/12/the tenprinciples-behind-aun-qa-model.html

Darmawan, Deni. 2014. Pengembangan E-Learning teori dan Desain. Remaja Rosdakarya: Bandung

Direktorat Ketenagaan: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. 2010. Modul Pendamping Pengembangan BERMUTU. Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional

Kemenristekdikti. 2016. Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi. https://belmawa.ristekdikti.go.id (online) diakses 11 November 2019

Oguz-Unver, Ayse dan Arabacioglu, Sertac. 2011. Overviews on Inquiry Based and Problem Based Learning Methods. Western Anatolia Journal of Education Science 303-310

Sandi, Gede. 2012. Pengaruh Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Kimia Ditinjau Darri Kemandirian Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, Jilid 45(3):241-251

Siahaan, Sudirman. 2003. E-Learning (Pembelajaran Elektroni) sebagai salah satu Alternatif Kegiatan Pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan No.042 Mei 2003. Jakarta: Depdiknas.

Sumarmi. 2012. Model-Model Pembelajaran Geografi. Aditya Media Publishing: Malang

Undang-Undang Republik Indonesia No.12 Tahun 2012. http://sumberdaya.ristekdikti.go.id/ (online) diakses 11 November 2019

Waryanto, Nur Hadi. 2006. Online Learning sebagai salah satu Inovasi Pembelajaran. Jurnal Phitagoras Vol (2) 1: 10-23. http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/132304807/Online%20Learning%20sebagai%20Salah%20Satu%20Inovasi%20Pembelajaran.pdf. Diakses 11 November 2019




DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v4i4.412

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual

E-ISSN: 2541-4224, P-ISSN: 2541-4216

 

Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Nahdlatul Ulama Blitar