Peningkatan Motorik Halus Melalui Kegiatan Menjahit pada Kelompok A TK Al- Hidayah VI Wahid Hasyim

Authors

  • Siti Aminah TK Al-Hidayah Wahid Hasyim

DOI:

https://doi.org/10.28926/briliant.v4i4.411

Keywords:

Motorik halus, menjahit, penelitian tindakan kelas

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperbaiki pembelajaran yang berhubungan dengan motorik   halus yaitu menjahit dengan benang. Karena dalam kegiatan menjahit ini koordinasi mata dan tangan harus diperhatikan. Anak-anak harus teliti dan telaten mana lubang yang harus dilalui untuk dijahit. Penelitian dilaksanakan di TK Al-Hidayah VI Wahid Hasyim Sukorjo Kota Blitar. Penelitian ini dilakukan pada pembelajaran perkembangan motorik halus melalui menjahit pada kelompok A, TK Al – Hidayah VI Wahid Hasyim Sukorjo Kota Blitar. Tahun Pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 15 anak. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan pada tanggal 7 dan 8 Mei 2018 dengan Tema Alam Semesta. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Siswa mampu menjahit dengan benang sehingga dapat meningkatkan motorik halus anak supaya terlatih jari jemarinya di dalam pembelajaran.

References

Masitoh, dkk. (2012). Strategi Pembelajaran TK. Jakarta: Universitas Terbuka.

Pekerti, Widia, dkk. (2012). Metode Pengembangan Seni. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sujiono, Bambang, dkk. (2010). Metode Pengembangan Fisik. Jakarta: Universitas Terbuka.

Wardhani, Igak. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.

Niam, Fathul. (2019). Penalaran Plausible Siswa SD dalam Menyelesaikan Soal Problem Solving. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, Volume 4, Nomor 3, 2019.

Published

2019-11-30

Issue

Section

Education and Social Science