Peningkatan Kemampuan Motorik Halus melalui Kegiatan Menggambar Anak Kelompok A di TKN Pekunden 1

Peni Pratiwi

Abstract


Pengembangan motorik, kognitif, psikomotorik dan efektivitas anak perlu distimulus sejak dini. Penerapan tersebut dapat dilihat dari kegiatan anak dalam menggambar. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan stimulasi motorik pada anak melalui kegiatan pembelajaran menggambar. Metode yang digunakan yaitu Pendidikan Tindakan Kelas (PTK). Prosedur yang digunakan terdapat dua siklus. yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil yaitu bahwa tahapan-tahapan pembelajaran menggambar pada anak bahwa pada siklus I penilaian kegiatan pembelajaran menggambar tidak terdapat hasil yang signifikan dengan nilai rata-rata kurang dari indikator bintang 2. Berbeda pada kegiatan pembelajaran pada siklus II yang memiliki hasil yang signifikan dengan nilai rata bintang 3 dan bintang 4 (tuntas).

 


Keywords


Peningkatan, pengembangan motorik, menggambar, efektivitas

References


Asmadawati, A. (2014). Menciptakan Pembelajaran Kreative dan Kondusif. Paper presented at the FORUM PAEDAGOGIK Jurnal Pendidikan Agama Islam.

Cahyono, F. (2011). Peningkatan Kemampuan Berkarya Seni Grafis Cetak Tinggi Teknik Hardboardcut Melalui Pendekatan Ekspresi-Kreatif Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 25 Malang: Malang: Universitas Negeri Malang.

DePorter, B., Reardon, M., & Singer-Nourie, S. (2010). Quantum teaching: mempraktikkan quantum learning di ruang-ruang kelas: Kaifa.

Masrayani, M., Suhartono, S., & Muchtar, S. (2013). Meningkatkan Kreativitas Seni Anak Melalui Latihan Membuat Sepeda Dari Pipet di Kelompok B Paud Bunda Delima Desa Darat Sawah Kecamatan Seginim Kabupaten Bengkulu Selatan. Universitas Bengkulu.

Sumanto, S. (2018). Seni Keterampilan Anak untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran bagi Guru. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, 1(2), 164-170.




DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v4i4.410

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual

E-ISSN: 2541-4224, P-ISSN: 2541-4216

 

Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Nahdlatul Ulama Blitar