Peningkatan Kemampuan Membaca Melalui Berbagai Gambar pada Anak TKN Ngadirejo 1 Kota Blitar

Authors

  • Intiyas Intiyas TK PKK I NGADIREJO

DOI:

https://doi.org/10.28926/briliant.v4i4.409

Keywords:

Kemampuan Membaca, Gambar Bacaan, Siswa TK

Abstract

Kemampuan membaca termasuk kegiatan yang kompleks dan melibatkan berbagai keterampilan. Proses dalam membaca adalah penyajian kembali dan penafsiran suatu kegiatan dimulai dari mengenali huruf, kata, ungkapan, frase, kalimat, dan wacana serta menghubungkan dengan bunyi dan maknanya. Kegiatan membaca dapat disimpulkan (1) pengenalan huruf dan aksara, (2) bunyi dan huruf atau rangkaian huruf–huruf, (3) makna atau maksud, dan (4) pemahaman terhadap makna atau maksud berdasarkan konteks wacana pada kemampuan membaca melalui berbagai macam–macam gambar bagi seorang guru Taman Kanak – Kanak. Hasil pengamatan diketahui minat dan kemampuan anak dalam membaca gambar meningkat setelah melakukan pengamatan pada gambar–gambar yang ada tulisannya. Terbukti bahwa secara aktif anak dapat membaca gambar dari gambar – gambar yang di tunjukkan gurunya.

 

References

Anderson. (1985). Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka

Bromley, K.D. (1992). Language Arts: Exploring Connections (2nd ed). Boston: Allyn and Bacon.

Hamalik, Oemar (2001). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Kridalaksana. (1993). Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka

Mary, Leonhardt. (1999). Metode Pengembangan Bahasa.Jakarta: Universitas Terbuka

Moleong. L.J. (2003). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

The NICHD Research Program in Reading Development, Reading Disorders and Reading Instruction, National Center for Learning. Disabilities Inc., Copyright 1999- 2006.

Published

2019-11-30

Issue

Section

Education and Social Science