Peningkatan Kemampuan Membaca Melalui Berbagai Gambar pada Anak TKN Ngadirejo 1 Kota Blitar

Intiyas Intiyas

Abstract


Kemampuan membaca termasuk kegiatan yang kompleks dan melibatkan berbagai keterampilan. Proses dalam membaca adalah penyajian kembali dan penafsiran suatu kegiatan dimulai dari mengenali huruf, kata, ungkapan, frase, kalimat, dan wacana serta menghubungkan dengan bunyi dan maknanya. Kegiatan membaca dapat disimpulkan (1) pengenalan huruf dan aksara, (2) bunyi dan huruf atau rangkaian huruf–huruf, (3) makna atau maksud, dan (4) pemahaman terhadap makna atau maksud berdasarkan konteks wacana pada kemampuan membaca melalui berbagai macam–macam gambar bagi seorang guru Taman Kanak – Kanak. Hasil pengamatan diketahui minat dan kemampuan anak dalam membaca gambar meningkat setelah melakukan pengamatan pada gambar–gambar yang ada tulisannya. Terbukti bahwa secara aktif anak dapat membaca gambar dari gambar – gambar yang di tunjukkan gurunya.

 


Keywords


Kemampuan Membaca, Gambar Bacaan, Siswa TK

References


Anderson. (1985). Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka

Bromley, K.D. (1992). Language Arts: Exploring Connections (2nd ed). Boston: Allyn and Bacon.

Hamalik, Oemar (2001). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Kridalaksana. (1993). Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka

Mary, Leonhardt. (1999). Metode Pengembangan Bahasa.Jakarta: Universitas Terbuka

Moleong. L.J. (2003). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

The NICHD Research Program in Reading Development, Reading Disorders and Reading Instruction, National Center for Learning. Disabilities Inc., Copyright 1999- 2006.




DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v4i4.409

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual

E-ISSN: 2541-4224, P-ISSN: 2541-4216

 

Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Nahdlatul Ulama Blitar