Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Shooting Bola Basket Siswa SMP Negeri 1 Tugu

Ariwidiyanto Ariwidiyanto

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan gambaran obyektif tentang peningkatan prestasi belajar shooting bola basket dengan metode demonstrasi pada siswa kelas IX SMP Negeri 1 Tugu sejumlah 28 orang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Hasil analisis data menunjukkan kegiatan guru selama proses pelaksanaan pembelajaran mengalami peningkatan prestasi belajar teknik dasar shooting bola basket dengan nilai rata-rata pada pra siklus sebesar 68,10 meningkat pada siklus 1 sebesar 77,14 dan pada akhir siklus 2 meningkat menjadi sebesar 82,86. Prosentase ketuntasan klasikal juga meningkat dari 53,57% pada siklus 1 menjadi 89,29% pada siklus 2. Penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan prestasi belajar shooting bola basket pada siswa kelas IX SMP Negri 1 Tugu.


Keywords


Metode Demonstrasi, Hasil Belajar, Shooting Bola Basket

References


Mulyadi, M. (2018). Strategi Belajar Mengajar Dengan Menerapkan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Penjaskes Materi Pertumbuhan Dan Perkembangan Makhluk Hidup Pada Siswa Kelas Vii Smpn 3 Tanjung. Jurnal Langsat, 5(1)

Widodo, T. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Demonstrasi Pada Gaya Belajar Peserta Didik Terhadap Kemampuan Menganalisis Konservasi Daerah Aliran Sungai (Das) Di Sma Pasundan 3 Dan 7 Kota Bandung (Doctoral Dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia)

Herman, F. H., Saddhono, K., & Waluyo, B. (2017). Penerapan Metode Demonstrasi Dalam Pembelajaran Teks Eksplanasi Siswa Sekolah Menengah Atas: Penelitian Tindakan Kelas. Basastra, 4(2), 45-59.

Ferawati, F. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Demonstrasi Tentang Gerak Benda Dan Energi Pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah Kelas 4. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Swari, D. A. K. P. R., Adi, I. P. P., & Dartini, N. P. D. S. (2018). Penerapan Metode Demonstrasi Berbantuan Bola Modifikasi Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Passing Bola Voli Siswa Sdn 1 Yehembang Kangin Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Undiksha, 8(2).

Herbawa, G. J. P., Adi, I. P. P., & Wijaya, I. M. K. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Nht Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Passing Bola Basket. Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Undiksha, 5(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v4i4.408

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual

E-ISSN: 2541-4224, P-ISSN: 2541-4216

 

Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Nahdlatul Ulama Blitar