Peningkatan Kemampuan Membaca dengan Pemanfaatan Media Kartu Kata pada Anak Didik Kelompok B2 TKN Pembina Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar

Eko Agus Ningsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan dan pemanfaatan media kartu kata dalam peningkatan kemampuan membaca anak didik kelompok B2 Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020 TKN Pembina Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar. Hasil dari penelitian ini adalah kartu kata dapat meningkatkan kemampuan membaca anak. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil ketuntasan belajar klasikal prasiklus mencapai 53,9%, siklus I sebesar 64,5%, dan siklus II sebesar 77,23%. Selain itu, proses pelaksanaan pembelajar menunjukkkan bahwa siklus I mencapai hasil 68% dan siklus II mencapai hasil 90,7%. Dari data tersebut, dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan media kartu kata dapat meningkatkan kemampuan membaca anak dan kualitas proses pembelajaran membaca.

Keywords


Kemampuan Membaca, Media Kartu Kata, Taman Kanak-Kanak

References


Akbar, Sa’dun. 2009. Penelitian Tindakan Kelas Filosofis, Metodologi & Implementasi. Yogyakarta: Cipta Media.

Arsyad, Azhar. 2004. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Depdiknas, 2007. Pedoman Pembelajaran Bidang pengembangan Berbahasa di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. 2007. Pedoman Pembelajaran Persiapan Membaca dan Menulis Melalui Permainan di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Depdiknas.

Dhieni, Nurbiana, dkk. 2008. Metode pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.

Masitoh, dkk. 2008. Strategi Pembelajaran TK. Jakarta: Universitas Terbuka.

Rahardi, Arsito. 2004. Media Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas.

Sumantri, Mulyani & Johar Permana. 1999. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti.

Zaman, Badru, dkk. 2008. Media dan Sumber Belajar TK. Jakarta: Universitas Terbuka.




DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v4i4.407

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual

E-ISSN: 2541-4224, P-ISSN: 2541-4216

 

Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Nahdlatul Ulama Blitar