Peningkatan Keterampilan Materi Akord dengan Model Pembelajaran Berkelompok pada Pembelajaran Seni Musik SMA Negeri 1 Kota Sukabumi
DOI:
https://doi.org/10.28926/briliant.v4i4.406Keywords:
Akord, Cooperatif Learning, Seni MusikAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk dapat memberikan perbaikan pada proses pembelajaran seni musik khususnya pada materi akord yang nantinya akan menjadi bekal saat mereka menganalisis musikalitas dan penyajian musik kontemporer serta berkreasi musik kontemporer. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah action research atau penelitian tindakan. Adapun temuan penelitian ini yaitu: (1) Proses pelaksanaan pembelajaran materi akord dalam tingkat dengan pengaplikasian pada alat musik keyboard dan gitar menerapkan metode pembelajaran berkelompok (cooperatif learning) dengan tahapan pelaksanaan yakni dari proses identifikasi, pelaksanaan tindakan, refleksi serta evaluasi yang sesuai dengan siklus penelitian tindakan. (2) Hasil proses pembelajaran materi akord dalam tingkat adalah terciptanya perbaikan pada proses KBM pada peningkatan aktifitas dan pemahaman penguasaan materi akord dalam tingkat dengan model pembelajaran berkelompok (cooperatif learning) dengan pengaflikasian terhadap alat musik keyboard dan gitar pada kelas XII IPA program 4 semester.
References
Alwasilah, A. Chaedar. (2007). Pokoknya Kualitatif. Jakarta: Pustaka Jaya
Firmansyah, Agus. (2010). Teori Dasar Musik 1. Bandung: Bintang WarliArtika
Hakim, Thursan. (2003). Panduan Praktis Bermain Gitar Pop Clasic. Jakarta:Puspa Terampil
Hamzah. (2011). Menjadi Peneliti PTK yang Profesional.Jakarta: Bumi Akkasara
Madya, Suwarsih. (2009). Teori Praktek Dan Penelitian Tindakan. Bandung: ITB
Rahyubi, Heri. (2012). Pembelajaran Motorik. Bandung Nusa Media
Rusman,, (2010). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo
Suharsa Putra, Uhar. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Tindakan. Bandung. Refika Aditama.
Sukardi, HM. (2011). Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi aksara
Syukur Sugeng. (2010). Harmoni 1. Bandung: Bintang Warli Artika
Sugiono, (2007). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta
Tim DosenAdministrasi Pendidikan UPI. (2009). Managemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta.




