Peningkatan Keterampilan Materi Akord dengan Model Pembelajaran Berkelompok pada Pembelajaran Seni Musik SMA Negeri 1 Kota Sukabumi

Linda Herlina

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk dapat memberikan perbaikan pada proses pembelajaran seni musik khususnya pada materi akord yang nantinya akan menjadi bekal saat mereka menganalisis musikalitas dan penyajian musik kontemporer serta berkreasi musik kontemporer. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah action research atau penelitian tindakan. Adapun temuan penelitian ini yaitu: (1) Proses pelaksanaan pembelajaran materi akord dalam tingkat dengan pengaplikasian pada alat musik keyboard dan gitar menerapkan metode pembelajaran berkelompok (cooperatif learning) dengan tahapan pelaksanaan yakni dari proses identifikasi, pelaksanaan tindakan, refleksi serta evaluasi yang sesuai dengan siklus penelitian tindakan. (2) Hasil proses pembelajaran materi akord dalam tingkat adalah terciptanya perbaikan pada proses KBM pada peningkatan aktifitas dan pemahaman penguasaan materi akord dalam tingkat dengan model pembelajaran berkelompok (cooperatif learning) dengan pengaflikasian terhadap alat musik keyboard dan gitar pada kelas XII IPA program 4 semester.


Keywords


Akord, Cooperatif Learning, Seni Musik

References


Alwasilah, A. Chaedar. (2007). Pokoknya Kualitatif. Jakarta: Pustaka Jaya

Firmansyah, Agus. (2010). Teori Dasar Musik 1. Bandung: Bintang WarliArtika

Hakim, Thursan. (2003). Panduan Praktis Bermain Gitar Pop Clasic. Jakarta:Puspa Terampil

Hamzah. (2011). Menjadi Peneliti PTK yang Profesional.Jakarta: Bumi Akkasara

Madya, Suwarsih. (2009). Teori Praktek Dan Penelitian Tindakan. Bandung: ITB

Rahyubi, Heri. (2012). Pembelajaran Motorik. Bandung Nusa Media

Rusman,, (2010). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo

Suharsa Putra, Uhar. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Tindakan. Bandung. Refika Aditama.

Sukardi, HM. (2011). Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi aksara

Syukur Sugeng. (2010). Harmoni 1. Bandung: Bintang Warli Artika

Sugiono, (2007). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta

Tim DosenAdministrasi Pendidikan UPI. (2009). Managemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v4i4.406

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual

E-ISSN: 2541-4224, P-ISSN: 2541-4216

 

Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Nahdlatul Ulama Blitar