Penerapan Media Kubus Angka untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Anak TK-A Kartika IV-43 Kota Blitar

Mukasri Mukasri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan dan peningkatan kemampuan mengenal angka/bilangan melalui media kubus angka pada Kelompok A TK Kartika IV-43 Kota Blitar. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan presentase pada hasil belajar anak. Setelah tindakan pembelajaran menggunakan media kubus angka yang dilakukan dari Siklus I sampai Siklus II. Faktor yang menyebabkan peningkatan adalah dengan penerapan media kubus angka yang menjadikan pembelajaran bermakna, dan siswa terlibat aktif. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media kubus angka dapat meningkatkan hasil belajar kemampuan mengenal angka kelompok A TK Kartika IV-43 Kota Blitar.

Keywords


Media Kubus, Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan, TK-A

References


Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arifin, Zaenal. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Didaktik metodik di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. 2007. Pedoman Pendidikan Berorientasi Kecakapan Hidup Taman

Kanak-Kanak (TK). Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan

Menengah

Hainstock, Elizabeth G. 2002. Montessori untuk Anak Prasekolah. Jakarta: Pustaka Delapratasa.

Sujiono, Yuliani Nurani. 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini.

Jakarta: PT Indeks

Sutaryono. 1999. Efektivitas Penggunaan Kartu Terhadap Hasil Belajar Siswa. Skripsi. (Online), Yogyakarta: UNY diakses pada 21 September 2018.

Zubaidah, Eny. 2003. Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini. Yogyakarta: UNY




DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v4i4.405

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Nahdlatul Ulama Blitar