Penerapan Media Kubus Angka untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Anak TK-A Kartika IV-43 Kota Blitar

Authors

  • Mukasri Mukasri TK Kartika IV-43 Kota Blitar

DOI:

https://doi.org/10.28926/briliant.v4i4.405

Keywords:

Media Kubus, Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan, TK-A

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan dan peningkatan kemampuan mengenal angka/bilangan melalui media kubus angka pada Kelompok A TK Kartika IV-43 Kota Blitar. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan presentase pada hasil belajar anak. Setelah tindakan pembelajaran menggunakan media kubus angka yang dilakukan dari Siklus I sampai Siklus II. Faktor yang menyebabkan peningkatan adalah dengan penerapan media kubus angka yang menjadikan pembelajaran bermakna, dan siswa terlibat aktif. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media kubus angka dapat meningkatkan hasil belajar kemampuan mengenal angka kelompok  A TK Kartika IV-43 Kota Blitar.

References

Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arifin, Zaenal. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Didaktik metodik di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. 2007. Pedoman Pendidikan Berorientasi Kecakapan Hidup Taman

Kanak-Kanak (TK). Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan

Menengah

Hainstock, Elizabeth G. 2002. Montessori untuk Anak Prasekolah. Jakarta: Pustaka Delapratasa.

Sujiono, Yuliani Nurani. 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini.

Jakarta: PT Indeks

Sutaryono. 1999. Efektivitas Penggunaan Kartu Terhadap Hasil Belajar Siswa. Skripsi. (Online), Yogyakarta: UNY diakses pada 21 September 2018.

Zubaidah, Eny. 2003. Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini. Yogyakarta: UNY

Published

2019-11-30

Issue

Section

Education and Social Science