Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Dalam Meningkatan Hasil Belajar Menyimak Cerita Rakyat Pada Siswa Kelas V SDN Kraton Kabupaten Kediri

Suparmi Suparmi

Abstract


Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) Mengetahui penggunaan model pembelajaran CTL terharap peningkatan hasil belajar menyimak cerita rakyat pada siswa kelas V SDN Kraton Kabupaten Kediri. (2) Mengetahui penggunaan model pembelajaran CTL dalam meningkatan aktivitas belajar menyimak cerita rakyat pada siswa kelas V SDN Kraton Kabupaten Kediri. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan dua siklus. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pada siklus I, persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 75% dengan nilai rata-rata kelas 75. Setelah dilaksanakan siklus II, nilai rata-rata kelas maningkat menjadi 83 dengan persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 93,75%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan nilai rata-rata kelas dari siklus I ke siklus II sebesar 8 dengan kenaikan persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 18,75%. Hasil pengamatan aktivitas siswa menunjukkan jumlah rata-rata skor aktivitas belajar siswa pada siklus I yakni sebanyak 307 dengan persentase keaktifan belajar siswa sebesar 53,21% dengan kriteria “Cukup”. Aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan pada pelaksanaan siklus II. Jumlah rata-rata skor aktivitas belajar siswa pada siklus II yakni sebanyak 423 dengan persentase keaktifan belajar siswa sebesar 73,44% dengan kriteria “Baik”.

Keywords


Hasil Belajar Menyimak; Contxtual Teaching and Learning (CLT); Cerita Rakyat

References


Baharudin, H dan Esa Nur Wahyuni. 2009. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Danandjaja, James. 2007. Folklor Indonesia, Ilmu Gosip, Dongeng, dan lain-lain. Jakarta: Grafiti.

Haryadi dan Zamzani. 1996. Peningkatan Ketrampilan Berbahasa Indonesia. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Muslich, Masnur. 2007. KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Jakarta: Bumi Aksara.

Nurhadi, dkk. 2003. Mengapa CTL Menjadi Pilihan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sagala, Saiful. 2005. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sudjana, Nana. 2001. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Tarigan, Djago. 2007. Pengembangan Ketrampilan Berbicara. Jakarta: Depdikbud.

Tarigan, Henry Guntur. 1986. Teknik Pengajaran Ketrampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.




DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v4i4.398

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual

E-ISSN: 2541-4224, P-ISSN: 2541-4216

 

Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Nahdlatul Ulama Blitar