Pengembangan Bahan Ajar Teks Cerita Panji Berbasis Content Language Integrated Learning (CLIL) untuk SMK

Sri Utami, Lailiyatus Sadiyah

Abstract


Penelitian ini merupakan inovasi yang mengintegrasikan budaya Indonesia (Cerita Panji) dengan teori perkembangan bahasa yang telah diterapkan di dunia, CLIL. Secara khusus , penelitian ini bertujuan: (1) menciptakan bahan ajar Cerita Panji bermuatan CLIL; (2) mendeskripsikan kelayakan bahan ajar Cerita Panji bermuatan CLIL.  Penelitian ini didasarkan pada model penelitian R&D dengan menerapkan lima dari sepuluh tahap. Penelitian ini dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif berupa skor penilaian oleh validator ahli, guru bahasa Indonesia SMK, dan peserta didik kelas X SMK. Data kualitatif berupa komentar yang dikemukakan validator ahli, guru bahasa Indonesia SMK, dan peserta didik kelas X SMK. Berdasarkan data tersebut, bahan ajar ini layak diimplementasikan dalam pembelajaran di SMK.


Keywords


bahan ajar, cerita panji, clil

References


Haryani, Darwanti Dwi. (2018). Pembelajaran Menulis Cerpen dengan Pemanfaatan Media Video Lukisan Pasir melalui Teknik Transformasi. Dalam Stilistika: Kajian Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, Volume 4 Nomor 1, hlm. 13-22.

Suherli, Maman S., Aji S., & Istiqomah. (2012). Bahasa Indonesia: Buku Guru Edisi Revisi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Manuaba, Ida B.P., Aji S. & Puji K. (2013). Keberadaan Bentuk Transformasi Cerita Panji. LITERA: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan pengajarannya. Volume 12 Nomor 1 April 2013.

Muslich, M. (2010). Text Book Writing: Dasar-dasar Pemahaman, Penulisan, dan Pemakaian Buku Teks. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Pannen, P. & Purwanto. (2001). Penulisan Bahan Ajar. Jakarta: Pusat Antar-Universitas untuk Peningkatan dan Pengembangan Aktivitas Intruksional Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi

Sitepu, B.P. (2012). Penulisan Buku Teks Pelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif,

Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Vázquez, Víctor P., & Maria E. (2013). Examining Teacher Roles And Competences In Content And Language Integrated Learning (Clil). Linguarum Arena: Revista De Estudos Em Didática De Línguas Da Universidade Do Porto, Vol. 4: 65 – 78.




DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v5i1.379

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Nahdlatul Ulama Blitar