Peningkatan Hasil Belajar Mekanika Teknik dengan Model Pembelajaran Ekspositori

Berowiyana Berowiyana

Abstract


Prestasi belajar mekanika teknik siswa kelas X DPIB 1 SMK Negeri 1 Blitar ditunjukan nilai P dan K pada materi redoks yang belum mencapai batas ketuntasan secara klasikal sebesar 85%. Hal ini terutama disebabkan karena model pembelajaran yang digunakan kurang sesuai. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran ekspositori untuk meningkatkan hasil pembelajaran mekanika teknik siswa kelas X DPIB 1 SMK Negeri 1 Blitar. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat ketuntasan awal pengetahuan dan keterampilan sebesar 44% dan 61%. Dengan penerapan model pembelajaran ekspositori dan dengan taktik mengajar tertentu, tingkat ketuntasan meningkat menjadi 61% dan 78% (pada siklus 1) dan meningkat lagi menjadi 89% dan 94% (pada siklus 2), sehingga hasil belajar mekanika teknik pada bahasan konstruksi rangka batang kelas X DPIB 1 SMK Negeri 1 Blitar bisa mencapai ketuntasan belajar secara klasikal.


Keywords


hasil belajar, mekanika teknik, ekspositori, taktik.

References


Akbar, S. 2010. Penelitian Tindakan Kelas Filosofi, Metodologi & Implementasi.Yoyakarta: Cipta Media Aksara.

Akbar, S. Dr, MPd, dan Luluk Faridatuz Z, S.Pd, S. TP, 2010. Prosedur Penyusunan Laporan dan Artikel Hasil Penelitian Tindakan Kelas, Yogyakarta: Cipta Media, Cetakaan II.

Arikunto, A Suharsimi, Prof. Dr., 2010. Prosedur Penelitian – Suatu Pendekatan Praktik, Jalarta: PT Rineka Cipta, Cetakan Keempatbelas

Arikunto, A Suharsimi, 2017. Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: PT Bumi Aksara, Cetakan Kedua

Arikunto, A Suharsimi, Prof. Dr., 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2, Jalarta: PT Bumi Aksara, Cetakan Ketiga

Berowiyana, Drs., 2017. Mekanika Teknik – Konstruksi Rangka Batang. Blitar: KPRI STM Negeri Blitar

Jumanta Hamdayama. S.Pd., M.Si., 2014. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Jakarta: Ghalia Indonesia.

M. Hosnan, Dpl.Ed., M.Pd. Dr., 2016. Pendekatan Saintifik dan Konstekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Jakarta: Ghalia Indonesia, Cetakan Ketiga.




DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v4i4.377

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual

E-ISSN: 2541-4224, P-ISSN: 2541-4216

 

Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Nahdlatul Ulama Blitar